Breaking News:

TRIBUN JOGJA TV: ALL NEW HONDA BEAT 2020 | Rangka Baru, Mesin Baru, Semakin Nyaman

All New Honda Beat 2020 salah satunya. Kali ini redaksi Gaspol 52 berkesempatan menjajal langsung skuter matic ini

TRIBUNJOGJA.COM - Pasar skuter matic tanah air memang lagi naik daun. Praktis, efisien dan efektif untuk mobilitas harian menjadi alasan banyak orang memilih motor jenis ini.

Pabrikan motor di dunia pun berlomba lomba menghadirkan skuter matic dengan berbagai keunggulan masing-masing.

All New Honda Beat 2020 salah satunya. Kali ini redaksi Gaspol 52 berkesempatan menjajal langsung skuter matic ini. Seri CBS ISS Deluxe menjadi varian yang kami pilih untuk diulas.

Untuk spesifikasi mesin, skuter matic ini sudah dibekali dengan generasi terbaru, mesin (eSPenhanced Smart Power) 110cc.

Mesin dilengkapi sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP yang diklaim sudah lebih hemat konsumsi BBM nya.

Selanjutnya, mesin berteknologi eSP ini juga disebut ramah lingkungan karena memiliki standar emisi Euro 3. Saat uji coba di pabrik Honda, dengan metode ECE R40, didapatkan hasil konsumsi bahan bakar ketika fitur ISS diaktifkan adalah sekitar 60,6 km/liter.

Christa Adhi Dharma,Corporate Communication PT Astra International Tbk - Honda, Yogyakarta Regional Office menuturkan, ISS adalah kepanjangan dari Idling Stop System di mana fitur ini ditujukan untuk menghemat konsumsi BBM ketika kendaraan berhenti sesaat. Seperti saat berhenti di lampu merah, mesin dengan sendirinya akan mati.

"Kalau mau jalan lagi, tinggal kasih gas sedikit saja, maka otomatis mesin bakal nyala kembali. Dengan ISS ini konsumsi BBM diharapkan bisa lebih efektif," terang Christa.

Redaksi Gaspol 52 pun langsung menjajal fitur yang disebutkan Christa.

Test ride singkat dilakukan di jalan raya. Benar saja, ketika ISS diaktifkan dan kendaraan berhenti di lampu merah, mesin kendaraan berhenti dan sesaat kemudian otomatis mesin menyala ketika digas sedikit.

Rupanya, Honda tak main main dengan klaim ramah lingkungan untuk produk skuter matic yang satu ini.

Saat dikendarai, di bagian yang menyatu dengan speedometer terdapat indikasi yang menyala hijau bertuliskan eco.

Indikator ini menunjukkan bahwa ketika pengendara mengendarai motor ini bisa dinilai apakah baik atau termasuk yang kurang ramah lingkungan karena mengendarai dengan cara yang kurang efisien. (*)

Editor: Ikrob Didik Irawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved