Yogyakarta

Pendaftaran Calon Anggota PPS Dibuka Hingga Sore Ini Pukul 16.00 WIB

Masa pendaftaran calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa diperpanjang hingga hari ini Kamis (27/2/2020) pukul 16.00 WIB.

TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Komisioner KPU DIY saat menggelar jumpa pers 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Masa pendaftaran calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa diperpanjang hingga hari ini Kamis (27/2/2020) pukul 16.00 WIB.

Perpanjangan pendaftaran tersebut lantaran kuota minimal pendaftar di beberapa desa yang ada di Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul belum terpenuhi. 

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU DIY Ahmad Shidqi mengatakan kebutuhan anggota PPS di setiap desa tiga orang dan jumlah pendaftar calon anggota PPS minimal dua kali lipat dari kebutuhan yakni enam orang.

Kuota Pendaftar Belum Terpenuhi, KPU Bantul Perpanjang Pendaftaran PPS

"Sehingga paling nggak setiap desa ada enam. Di beberapa desa tidak mencapai enam, sehingga kita perpanjang selama tiga hari mulai 25-27 Februari 2020 sampai jam 16.00 WIB," ujar dia.

Bagi calon anggota PPS yang lolos seleksi administrasi nantinya akan mengikuti tes tertulis pada 4 Maret 2020 dan tes wawancara pada 11-13 Maret 2020.

Shidqi menilai, menurunnya minat masyarakat untuk mendaftar sebagai calon anggota PPS ini yakni melihat dari peristiwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu.

"Kalau kita melihat mungkin, salah satu penyebab mungkin melihat pengalaman Pemilu 2019 khawatirlah dengan kompleksitas beban dan tanggung jawab," katanya.

KPU Bantul Ajak Milenial Untuk Mendaftar Seleksi Calon Anggota PPS

Padahal sebenarnya, kata dia, pada Pilkada 2020 ini relatif lebih ringan bila dibandingkan dengan Pemilu 2019.

Sebab pada Pilkada 2020 ini hanya satu surat suara yang dicoblos nanti.

"Beda kalau Pileg kemarin ada lima surat suara dan itu memakan waktu rekap panjang melelahkan," ungkapnya.

Lanjutnya, rekapitulasi surat suara bukan di tingkat desa.

Rekapitulasi surat suara tersebut dilakukan di tingkat kecamatan.

Menurut dia, beban di PPS pada Pilkada 2020 ini relatif tidak terlalu berat bila dibandingkan dengan pemilu-pemilu sebelumnya.

"Kami optimis keinginan masyarakat sebenarnya besar untuk bergabung. Cuman memang sampai kemarin kita kan pakai mekanisme pendaftaran online, kalau di pendaftaran online itu cukup besar, tapi ketika penyerahan berkas, mungkin ada kendala cuaca tidak bersahabat sehingga butuh waktu perpanjangan," jelasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved