Breaking News:

Siswa di Sleman Hanyut

Alasan Sebenarnya Kenapa Para Tersangka Susur Sungai SMPN 1 Turi Minta Digundul

Para tersangka tragedi susur sungai di Sleman mengungkapkan alasan kenapa mereka meminta rambut mereka untuk digunduli

TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI
Tiga Pembina Pramuka SMPN 1 Turi yang Dijadikan Tersangka 

Alasan Sebenarnya Kenapa Para Tersangka Susur Sungai SMPN 1 Turi Minta Digundul

Tiga orang tersangka dalam peristiwa Tragedi Susur Sungai di Sleman dihadirkan di Mapolres Sleman. Mereka diperlihatkan kepada publik dalam kondisi kepala plontos. Sontak hal ini pun jadi perdebatan di media sosial. Ada yang pro dan ada pula yang kontra. Tak sedikit di antaranya yang mengecam tindakan penggundulan terhadap para tersangka yang menyebabkan 10 pelajar SMPN 1 Turi meninggal dunia dalam kegiatan susur sungai yang berlangsung pada Jumat lalu.

Apa yang sebenarnya terjadi? Dan bagaimana awal mula penggundulan terhadap mereka?

Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta  menetapkan dua tersangka baru pada kasus kecelakaan air susur sungai sempor yang dilakukan oleh siswa SMPN 1 Turi. Total ada tiga tersangka dia adalah IYA, DS, dan R
Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan dua tersangka baru pada kasus kecelakaan air susur sungai sempor yang dilakukan oleh siswa SMPN 1 Turi. Total ada tiga tersangka dia adalah IYA, DS, dan R (TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI)

Pengakuan Tersangka Susur Sungai

IYA, salah satu tersangka akhirnya buka suara setelah mereka mengetahui bahwa peristiwa penggundulan itu ternyata menjadi perdebatan publik.

Menurut IYA, mereka dan dua rekannya yang juga ditahan saat ini dalam keadaan baik dan tidak mendapatkan tekanan dari siapa atau apa pun.

Pun demikian halnya, Ia menceritakan bahwa selama pemeriksaan dan penahanan diperlakukan dengan baik.

Mematahkan perdebatan di luar, IYA mengatakan bahwa penggundulan ini karena permintaan mereka sendiri.

"Jadi kalau gundul itu memang permintaan kami, jadi pada dasarnya demi keamanan, karena kalau saya tidak gundul banyak yang melihat saya. Kalau gundul kan sama-sama di dalam gundul semua. Jadi ini permintaan kami," ujarnya.

Mereka tidak ingin terlihat mencolok sehingga, selain gundul mereka juga ingin mengenakan seragam tahanan yang sama dikenakan oleh tahanan lainnya.

Pembina Pramuka SMPN 1 Turi yang Dijadikan Tersangka oleh Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta
Pembina Pramuka SMPN 1 Turi yang Dijadikan Tersangka oleh Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI)
Halaman
1234
Penulis: Tribun Jogja
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved