Yogyakarta

FKBB DIY : RUU Cipta Kerja Pro Pemodal

Forum Komunikasi Buruh Bersatu (FKBB) DIY-Jateng menyatakan penolakan terhadap Rancangan Undang-undang (RUU) omnibus law cipta kerja.

FKBB DIY : RUU Cipta Kerja Pro Pemodal
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon Pinsker
Masa aksi yang tergabung dalam FKBB DIY-JATENG melakukan aksi unjuk rasa menolak RUU cipta kerja omnibus law, Rabu (26/2) di DPRD DIY. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Forum Komunikasi Buruh Bersatu (FKBB) DIY-Jateng menyatakan penolakan terhadap Rancangan Undang-undang (RUU) omnibus law cipta kerja.

Pernyataan itu disampaikan dalam aksi unjuk rasa yang digelar di kantor DPRD DIY, Rabu (26/2).

Ali Prasetyo, Koordinator Aksi menyampaikan, sejumlah pasal dalam aturan lintas sektor itu dinilai bermasalah dan tidak pro terhadap kaum pekerja.

Dengan demikian, rencana penerapan RUU itu dianggap akan semakin menyengsarakan kaum kerah biru alih-alih menyejahterakan.

Massa Aksi Tolak Omnibus Law Gelar Unjuk Rasa di DPRD DIY

"Ada sejumlah pasal dari aturan-aturan ketenagakerjaan sebelumnya yang menurut kami akan berujung pada sikap pemerintah yang tidak peduli kepada buruh serta membuat hak buruh menjadi rentan," katanya.

Puluhan masa yang tergabung dalam sejumlah serikat buruh serta perwakilan organisasi mahasiswa itu juga menganggap bahwa, RUU cipta kerja lebih berpihak kepada pemodal dan pro neoliberalisme.

Selain itu, rencana penerapan RUU cipta kerja dinilai juga bukan jawaban atas sejumlah permasalahan ekonomi saat ini.

Pasalnya, FKBB menilai, kemandekan maupun persoalan ekonomi tidak berhubungan dengan sektor ketenagakerjaan.

"Maka kami nyatakan penolakan dan mendesak pemerintah untuk tidak mengorbankan masyarakat ataupun pekerja untuk menarik investasi," sebutnya.

Dalam aksi tersebut, pihaknya menyatakan ada tiga masalah utama dalam RUU tersebut yang dianggap janggal jika sewaktu-waktu aturan itu diterapkan.

Tolak Omnibus Law, KSPSI DIY : Lengkap Sudah Penderitaan Buruh di Yogyakarta

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved