Kota Yogya

Sat Pol PP Kota Yogya Gandeng Kaum Muda Sosialisasikan Perda KTR

Keikutsertaan kaum muda merupakan upaya dalam melibatkan berbagai unsur masyarakat untuk taat serta terlibat dalam penerapan aturan hukum.

Sat Pol PP Kota Yogya Gandeng Kaum Muda Sosialisasikan Perda KTR
istimewa
Puluhan kaum muda ikut serta dalam sosialisasi Perda KTR di kawasan Malioboro. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Yogyakarta, mengajak kaum muda untuk ikut mengawal serta menyosialisasikan peraturan daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di kawasan Malioboro

Kepala Sat Pol PP Kota Yogyakarta, Agus Winarto mengatakan, keikutsertaan kaum muda tersebut merupakan upaya dalam melibatkan berbagai unsur masyarakat untuk senantiasa taat serta terlibat dalam penerapan aturan hukum. 

Kaum muda, menurut dia punya peran yang cukup potensial dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan program pemerintah khususnya aturan KTR di sejumlah ruang publik Yogyakarta. 

Malioboro Bakal Jadi Kawasan Tanpa Rokok, Sri Sultan Hamengku Buwono X : Harus Ada Tempat Alternatif

Puluhan kaum muda yang juga tergabung dalam “Generasi Berencana” itu membagi-bagikan pamflet serta informasi lainnya kepada para pedagang dan pengunjung yang melintas di area Malioboro

Sejumlah kaum muda tersebut juga merupakan perwakilan dari Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) di tiap kelurahan.

Keterlibatan mereka diharapkan mampu mengkomunikasikan Perda KTR dengan optimal. 

“Anak muda sangat potensial untuk melakukan sosialisasi karena mereka bisa menetralisir pada level horisontal. Kebanyakan para perokok adalah anak muda, dengan begitu harapannya mereka bisa berkomunikasi dengan lebih baik karena usianya sama," ucap Agus. 

Super Gampang! Tutorial Make Up Khusus untuk Musim Hujan

Agus menambahkan, selain upaya sosialisasi tersebut pihaknya berkeinginan agar kaum muda yang tergabung dalam PIKR itu dapat melakukan hal serupa di kelurahan maupun kampung masing-masing. 

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa Perda KTR bukan aturan yang melarang orang untuk merokok.

Namun, Perda tersebut lebih fokus kepada upaya penyadaran kepada perokok agar melakukan aktivitas tersebut pada tempat yang seharusnya. 

Selain kaum muda, kedepan pihaknya juga akan mengajak komunitas remaja lainnya seperti Komunitas Global No Cogarrete Movement 9 Cm Jogja, IPM dan komunitas kawula lain untuk ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan serupa. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved