Yogyakarta

Perda Kepramuwisataan Buka Lapangan Kerja untuk Warga DIY

Melalui Raperda ini, diyakini lapangan kerja untuk masyarakat DIY akan semakin luas.

Perda Kepramuwisataan Buka Lapangan Kerja untuk Warga DIY
Ist
Logo Pemda DIY 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemda DIY mengusulkan untuk membentuk Peraturan Daerah (Perda) tentang Kepramuwisataan.

Ketua Pansus Raperda Tentang Kepramuwisataan, Suparja mengatakan bahwa melalui Raperda ini, diyakini lapangan kerja untuk masyarakat DIY akan semakin luas.

Hal ini lantaran mayoritas roda penggerak perekonomian di DIY bertumpu pada sektor pariwisata.

"Perda ini akan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat DIY, memperluas pengalaman masyarakat DIY yang otomatis berperan memperkenalkan DIY di dunia internasional," ujarnya, Kamis (20/2/2020).

DIY Gencarkan MICE dan Siap Tampung Pengalihan Wisatawan dari Negara Positif Corona

Selain itu, poin penting lain yang ditekankan dalam Raperda Kepramuwisataan ini adalah mewajibkan seluruh pramuwisata di DIY mengantongi sertifikat atau lisensi dari lembaga yang berwenang.

Misalkan untuk di DIY terdapat Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DIY.

"Pramuwisata harus punya sertifikat. Jangan sampai semua orang jadi pramuwisata yang ujung-ujungnya merugikan DIY. Contohnya saat ini ada orang-orang yang mengaku pramuwisata tapi tidak berlisensi. Ujung-ujungnya menjual jasa toko oleh-oleh dan jasa penginapan, ini membuat wisatawan kurang nyaman. Pemda DIY membuat ini agat tidak lagi begitu, urgensinya di situ," bebernya.

Sekretaris Komisi C DPRD DIY tersebut menambahkan, pramuwisata yang berlum tersertifikasi atau orang-orang yang mencari kesempatan menjadi pramuwisata dadakan, melalui Raperda tersebut akan ditegakkan oleh Satpol PP masing-masing.

 "Sanksinya bertahap. Pembinaan secara lisan, tertulis, bahkan Pemda DIY sepakat memberikan pengarahan pembinaan kepada warga kita. Misal di pelosok banyak yang tidak bersertifikasi, tidak langsung dilarang, tapi dilakukan pembinaan," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved