Bisnis

Harga Bawang Putih Berangsur Turun, Pedagang di Gunungkidul Tetap Waspada

Harga bawang putih di Gunungkidul berangsur turun setelah mengalami lonjakan beberapa waktu lalu akibat turunnya pasokan dari Tiongkok.

Harga Bawang Putih Berangsur Turun, Pedagang di Gunungkidul Tetap Waspada
TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Persediaan bawang putih milik seorang pedagang di Pasar Argosari, Wonosari, Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Harga bawang putih di Gunungkidul berangsur turun setelah mengalami lonjakan beberapa waktu lalu akibat turunnya pasokan dari Tiongkok.

Kabid Perdagangan Disperindag Gunungkidul Yuniarti Ekoningsih mengatakan turunnya harga lantaran ada impor bawang putih dari Irak.

"Minggu lalu hak tersebut dibahas dalam pertemuan dengan TPID DIY, dan sudah diprediksi harga bawang putih akan turun pada minggu ini," kata Yuniarti dihubungi pada Kamis (20/02/2020).

Ada Impor dari Irak, Harga Bawang Putih di Gunungkidul Berangsur Turun

Ia juga mengungkapkan bahwa sebelumnya sudah ada rencana untuk menggelar operasi pasar bawang putih oleh Dinas Pertanian dan Pangan (DPP). Sebab bawang putih bukan termasuk bahan pokok di bawah Disperindag.

Meski telah mengalami penurunan harga, Yuniarti mengatakan harga bawang putih di pasaran masih cenderung variatif di tiap pedagang.

Seperti Marsih (37), pedagang sayur di Pasar Argosari, Wonosari, menjual bawang putih di kisaran harga Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu per kilonya.

Super Gampang! Tutorial Make Up Khusus untuk Musim Hujan

"Harga dari pemasoknya sendiri juga turun banyak sejak 3 hari terakhir," kata warga Kepek ini.

Meski sudah berangsur turun, Marsih tetap waspada jika harga bawang putih kembali naik. Sebab menurutnya, komoditas satu ini tergolong sensitif terhadap harga.

Ia pun memilih untuk tidak banyak menyetok bawang putih dari pemasok, sebab ia takut rugi dan harganya bisa lebih jatuh lagi.

"Tapi harapan saya sih harganya bisa turun lagi nanti," ujar Marsih. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved