Yogyakarta

Jelang Operasional YIA, Sekda DIY Koordinasi dengan Stakeholder Terkait

Bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) akan beroperasi secara penuh pada Maret 2020 mendatang.

Jelang Operasional YIA, Sekda DIY Koordinasi dengan Stakeholder Terkait
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Sejumlah kendaraan tampak melintas di depan area pintu masuk kawasan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulon Progo, Selasa (3/12/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) akan beroperasi secara penuh pada Maret 2020 mendatang.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, dalam hal ini Dinas Perhubungan DIY, PT KAI, Angkasa Pura, Maskapai, dan sebagainya.

"Memang yang harus disiapkan pada hari pindah adalah semua kargo harus pindah dan pesawat apa yang masih mendarat di sana, karena pesawat baling-baling tidak bisa mendarat di sana, maka harus ada tempat untuk mereka," ujarnya kepada awak media ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/2/2020).

Ia pun meminta Angkasa Pura untuk segera merilis jumlah pesawat dan penerbangan yang akan beroperasi di YIA.

Presiden Jokowi: Bandara YIA dan Underpass Merupakan Bagian Rencana Masa Depan Pulau Jawa

Hal tersebut digunakan sebagai patokan bagi penyedia jasa transportasi dari dan menuju YIA untuk bisa mempersiapkan diri.

"Kita ingin kereta api memikirkan jumlah penumpang (ketika YIA operasional penuh). Kereta Bandara sekarang sepi itu wajar karena yang terbang ke YIA belum banyak," urainya.

Aji menambahkan, kesiapan armada, misalkan Damri sudah menyiapkan titik-titik keberangkatan menuju YIA yakni di Sleman CIty Hall (SCH), Grand Inna Malioboro atau Tugu, dan seterusnya.

Selain terkait armada yang sudah ada, Aji juga mengungkapkan tentang konektivitas transportasi bandara di jalur selatan.

"Lalu bagaimana jalur selatan yakni Pacitan dan Gunungkidul. Ada studi bagaimana kalau di sekitar Alun-Alun Wonosari. Kita libatkan Organda supaya orang tidak kesulitan ke arah bandara. Kita manfaatkan jalur Jalan Wates dan Srandakan ke barat," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved