Breaking News:

Mengenang Ki Hajar Dewantara sebagai Tokoh Pers, Pewarta Yogyakarta Nyekar ke Taman Makam Pahlawan

Dalam serangkaian Peringatan Hari Pers Nasional ke-74, sejumlah insan pewarta di DI Yogyakarta berziarah ke makam tokoh dan pejuang pers di Taman Maka

Penulis: Yosef Leon Pinsker | Editor: Iwan Al Khasni
Tribunjogja.com | Ribut Raharjo
sejumlah insan pewarta di DI Yogyakarta berziarah ke makam tokoh dan pejuang pers di Taman Makam Pahlawan Wijaya Brata, Sabtu (15/2/2020). 

TRIBUNjogja.com --  Serangkaian dengan acara Peringatan Hari Pers Nasional ke-74, sejumlah insan pewarta di DI Yogyakarta berziarah ke makam tokoh dan pejuang pers di Taman Makam Pahlawan Wijaya Brata, Yogyakarta, Sabtu (15/2/2020).

Rombongan tiba di makam Ki Hajar Dewantara untuk mendoakan sekaligus mengenang sekaligus memperingati jasa para pahlawan pers pendahulu.

Selanjutnya rombongan secara bergantian menaburkan bunga di pusara sebagai bentuk penghormatan.

Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau dikenal dengan Ki Hajar Dewantara mungkin lebih dikenal sebagai pelopor Pendidikan Nasional serta pendiri Lembaga Pendidikan Taman Siswa.

Tak banyak yang tahu sepak terjang putera kelahiran Yogyakarta itu sebagai pejuang dan aktivis pers.

Sejarawan Universitas Indonesia, Irna HN Hadi Suwito dalam 'Soewardi Soeryaningrat Dalam Pengasingan' menyebut sejak masa kemahasiswaannya, Suwardi sudah sangat aktif menyumbangkan tulisan untuk surat kabar ternama De Expres.

Aktivitasnya dalam dunia tulis menulis pada surat kabar De Expres itulah yang mengantar minat jurnalistiknya semakin meningkat.

"Yang ingin kita teladani dari sikap dan juga konsistensi beliau adalah kecintaannya kepada tanah air dan juga rasa nasionalisme yang tinggi terhadap idealisme," kata Ketua PWI DIY, Sihono seusai ziarah.

Sihono menjelaskan, peran dari para pejuang pers termasuk Ki Hajar Dewantara pada masa kemerdekaan bukan semata-mata menjalankan profesi jurnalisme.

Melainkan ikut berjuang dan terlibat secara langsung dalam upaya menegakkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa dari belenggu kolonialisme.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved