Breaking News:

Tribun Jogja TV

Ikan Koi, antara Hobi dan Bisnis

Selain memiliki keindahan corak dan warna, ikan koi dipercaya membawa hoki atau keberuntungan bagi pemiliknya

DIBANDINGKAN jenis ikan lainnya, ikan koi memiliki warna-warna yang lebih menarik pada tubuhnya. Dari corak dan warna inilah ikan koi mendapatkan penamaan.

Namun untuk memelihara ikan koi bukanlah perkara gambang. Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, seperti kolam, sirkulasi air, pemberian pakan, dan pengobatan penyakit.

Selain memiliki keindahan corak dan warna, ikan koi dipercaya membawa hoki atau keberuntungan bagi pemiliknya. Maka tak heran jika jenis ikan ini menjadi salah satu ikan perliharaan favorit.

Hobi memelihara ikan koi juga mendatangkan keberuntungan lainnya. Harga ikan jenis ini terus tinggi, sehingga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

"Sebagian besar koi saya dapatkan dari bibit lokal. Kalau yang impor harganya sangat mahal," kata Hery Krist, warga Bantul yang sudah 5 tahun terakhir memelihara koi di halaman rumahnya.

Hery mengakui, selain bibit yang baik, memelihara koi juga harus memperhatikan kolam, filter dan sirkulasi air, serta pakannya.

"Saya beli koi yang masih kecil. Setelah dipelihara dan dibesarkan, biasanya ada yang datang dan menawarnya," ujar Hery.

Editor: Ikrob Didik Irawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved