Kriminalitas

Gula Rafinasi untuk Industri Dijual Tersangka Sebagai Gula Konsumsi

Gula rafinasi sendiri seharusnya digunakan untuk keperluan industri, tapi oleh tersangka, yakni NWS (45) warga Gamping, Sleman gula tersebut dikemas u

Gula Rafinasi untuk Industri Dijual Tersangka Sebagai Gula Konsumsi
TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menunjukkan barang bukti hasil pengungkapan kasus penyalahgunaan gula kristal rafinasi 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda DIY tangkap penyalahgunaan gula kristal rafinasi (GKR).

Gula rafinasi sendiri seharusnya digunakan untuk keperluan industri, tapi oleh tersangka, yakni NWS (45) warga Gamping, Sleman gula tersebut dikemas ulang dan dijual sebagai gula konsumsi, atau biasa disebut gula pasir.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto saat konferensi pers, kamis (13/2/2020) mengatakan pengungkapan ini berdasarkan laporan polisi pada 5 februari 2020 kemarin.

Dan dari hasil penyelidikan Ditreskrimsus Polda DIY, menangkap NWS dan telah menahannya sehari kemudian.

APTRI Temukan Gula Rafinasi Beredar Bebas di Pasar Tradisional Sleman dan Magelang

"Tersangka ini membuka kemasan gula kristal rafinasi (gkr) untuk dikemas kembali dalam plastik kemasan 0,5 kilogram dan diperdagangkan kepada konsumen," jelas Yuliyanto.

Ia menjelaskan, kalau harga gula rafinasi di Rp 10.500 per kilogram, maka setelah diolah tersangka gula itu diakui sebagai gula pasir dan dijual seharga Rp 13.500.

Tersangka mendapatkan untung Rp 2 ribu per kg.

Tersangka sendiri membeli gula rafinasi dari pemasok dan sekali transaksi bisa mencapai 20 karung.

Satu karung memiliki berat 50 kg, maka tersangka ini sudah mendapatkan untung yang banyak dalam perdagangan ilegal ini.

Dalam aksinya, tersangka tidak memasang label atau penjelasan barang yang memuat nama barang, ukuran, berat bersih, komposisi, aturan pakai, tanggal pembuatan, nama dan alamat pelaku usaha.

Halaman
123
Penulis: Santo Ari
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved