Film Korea ‘Parasite’ Menang Oscar, Kapan Aktris dan Aktor Asia Dikenal Juri Academy?

Perhelatan Academy Awards atau Oscar memang belum sempurna. Masih panjang jalan untuk memberikan penghargaan kepada para sineas.

Film Korea ‘Parasite’ Menang Oscar, Kapan Aktris dan Aktor Asia Dikenal Juri Academy?
insider.com
Film Korea ‘Parasite’ Menang Oscar, Kapan Aktris dan Aktor Asia Dikenal Juri Academy? 

Film Korea Parasite berhasil memenangkan penghargaan piala oscar di tahun 2020 ini. Film ini memenangkan kategori paling bergengsi yakni Best Picture atau Film Terbaik.

Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2020, Film Korea ‘Parasite’ Dapat 6 Nominasi di Oscar, Hampir Susuk ‘Joker’ 11 Nominasi
Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2020, Film Korea ‘Parasite’ Dapat 6 Nominasi di Oscar, Hampir Susuk ‘Joker’ 11 Nominasi (goldderby)

TRIBUNJOGJA.COM - Perhelatan Academy Awards atau Oscar memang belum sempurna. Masih panjang jalan untuk memberikan penghargaan kepada para sineas.

Setiap tahun, Oscar pasti menuai kritik. Mulai dari sedikitnya sutradara perempuan yang masuk nominasi Best Director, kurangnya keberagaman hingga pemberian goodie bag yang terlalu mewah.

Meski begitu, Oscar tak bisa disebut jalan di tempat. Tahun 2020 ini adalah langkah besar yang diambil para juri Academy Awards untuk memenangkan film Korea Selatan ‘Parasite’ di nominasi paling bergengsi, yakni Best Picture atau Film Terbaik.

Tak hanya itu, mereka juga mengganjar sutradara ‘Parasite’, Bong Joon Ho dengan satu penghargaan Best Director atau Sutradara Terbaik.

Dinominasikan 6 kategori, 'Parasite' berhasil menang dalam 4 kategori yaitu original screenplay, international feature film, directing dan best picture di 92nd Academy Awards, Minggu (9/2/2020) waktu setempat.
Dinominasikan 6 kategori, 'Parasite' berhasil menang dalam 4 kategori yaitu original screenplay, international feature film, directing dan best picture di 92nd Academy Awards, Minggu (9/2/2020) waktu setempat. (nytimes)

Rakyat Korea Selatan jelas berbangga hati. Peluh dan lelah mereka untuk mencapai titik tertinggi ini akhirnya mulai dilirik masyarakat yang lebih luas lagi.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae In secara personal memberikan selamat kepada para kru, sutradara dan aktor serta aktris di film ‘Parasite’. Publik Asia pun tak kalah semangat menyambut kemenangan itu.

Menurut mereka, kemenangan Joon Ho dan ‘Parasite’ di penghargaan paling tinggi itu bukan hanya kemenangan Korea Selatan, tapi juga Asia secara keseluruhan.

Bagi sineas Asia, raihan itu adalah angin segar bagi mereka bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Joon Ho sendiri bukan sutradara kemarin sore.

Sederet film-filmnya banyak digandrungi masyarakat. Hanya saja, baru ‘Parasite’ yang mampu mengharumkan namanya di kancah internasional.

'Parasite' Kembali Sabet Tiga Kategori di Los Angeles Film Critics Awards
'Parasite' Kembali Sabet Tiga Kategori di Los Angeles Film Critics Awards (movie.naver.com/movie)
Halaman
123
Penulis: Bunga Kartikasari
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved