Pendidikan

Mudahkan Pencatatan Usaha Tani, Dosen UGM Kembangkan Aplikasi Rektanigama

Pada usaha tani dengan sistem organik, pencatatan usaha tani bahkan menjadi aspek yang dipersyaratkan secara teknis untuk keperluan sertifikasi.

Mudahkan Pencatatan Usaha Tani, Dosen UGM Kembangkan Aplikasi Rektanigama
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Guru Besar Fakultas Pertanian UGM Prof Dr Irham Msc saat menunjukkan Rektanigama (Rekam Usaha Tani Gadjah Mada) yakni aplikasi berbasis digital untuk memudahkan pencatan usaha tani. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pencatatan usaha tani (farm record) penting dilakukan sebagai dasar pengambilan keputusan para petani.

Sebab, pencatatan usaha tani tidak hanya bermanfaat pada jenis usaha tani komersil, tetapi juga usaha tani dengan tipe subsisten, termasuk di dalamnya usaha tani dengan sistem konvensional maupun usaha tani dengan sistem organik. 

Pada usaha tani dengan sistem organik, pencatatan usaha tani bahkan menjadi aspek yang dipersyaratkan secara teknis untuk keperluan sertifikasi. 

Namun saat ini sulit ditemukan petani yang melakukan pencataan pada usaha taninya dengan berbagai alasan.

Diduga Imbas Cuaca Panas, Petani Tomat di Sanden Gagal Panen

Hal inilah yang kemudian mendorong Guru Besar Fakultas Pertanian UGM Prof Dr Irham Msc mengembangkan Rektanigama (Rekam Usaha Tani Gadjah Mada) yakni aplikasi berbasis digital untuk memudahkan pencatan usaha tani.

Aplikasi ini guna memudahkan pencatatan usaha tani khususnya dalam mendukung kebutuhan administrasi sertifikasi organik dan secara umum menjadi bagian kegiatan manajerial dalam berusaha tani dengan komoditas yang kompleks.

“Kita sudah tertinggal dalam hal ini. Di Inggris sistem pencatatan usaha tani semacam ini sudah ada sejak 1800 dan kita tahu petani kita itu malas untuk mencatat," ujarnya Selasa (11/2/2020).

Pencatatan digital ini telah diinisiasi sejak tahun 2013 dengan nama introduksi “Pokniluh”, sebuah portal tabulasi data usaha tani dalam jaringan.

Rektanigama memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Pokniluh, salah satunya petani tidak hanya mencatat input usaha tani pada akhir pengelolaan, tetapi juga mencatat aktivitas harian dengan rinci serta tetap mengedepankan asas mudah dan praktis.

Mantan Juara Dunia Tinju Kelas Berat, Mike Tyson jadi Petani Ganja, Punya Lahan 40 Ha di California

Pencatatan usaha tani ini tidak hanya bermanfaat pada jenis usaha tani komersial, tapi juga usaha tani dengan tipe subsistem, baik dengan sistem usaha organik maupun non organik.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved