Advertorial

UKDW Jadi Tuan Rumah BfdW Alumni Conference 2020

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menjadi tuan rumah pada acara Bröt für die Welt (BfdW) Alumni Conference 2020 yang diselenggarakan p

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menjadi tuan rumah pada acara Bröt für die Welt (BfdW) Alumni Conference 2020 yang diselenggarakan pada 7 - 11 Februari 2020 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menjadi tuan rumah pada acara Bröt für die Welt (BfdW) Alumni Conference 2020 yang diselenggarakan pada 7 - 11 Februari 2020.

Pertemuan alumni ini diisi dengan konferensi merujuk pada motto tahunan BfdW "Hunger for Justice", kunjungan lapangan dan diskusi dengan lembaga mitra BfdW.

Bröt für die Welt (BfdW) atau yang dikenal dengan nama Bread for the World adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) kepanjangan tangan pengembangan gereja-gereja Protestan di Jerman.

Lembaga ini memberikan beasiswa bagi masyarakat yang ingin melanjutkan studinya pada jenjang S1, S2, dan S3 di Jerman.

Lulusan UKDW Harus Siap Hadapi VUCA World

Jerman merupakan salah satu negara favorit bagi masyarakat Indonesia untuk melanjutkan studinya, bahkan ada banyak peneliti yang melakukan penelitian pascadoktoral di perguruan tinggi Jerman.

Dari sekian banyak alumni universitas Jerman yang berasal dari Indonesia, ada sekira 130 alumni yang mendapatkan beasiswa dari BfdW.

Salah satu alumninya yakni Dosen Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW Yogyakarta Dr.-Ing., Ir. Paulus Bawole, MIP.

Paulus Bawole mengatakan hingga saat ini ada sekitar 4.000 beasiswa telah diberikan untuk kuliah program pascasarjana di Jerman, negara-negara Eropa lainnya dan juga di negara-negara bagian selatan.

"Sebagian besar para sarjana kembali ke negara mereka setelah menyelesaikan studi dan melanjutkan pekerjaan di organisasi mitra BfdW di seluruh dunia termasuk Indonesia," ujar Paulus selaku Chairman BfdW Alumni Conference 2020, Sabtu (8/2/2020).

UKDW Akan Bangun Kampus II di Bantul

Para alumni ÖSW, EED, dan BfdW yang tinggal tersebar di berbagai kota atau wilayah di Indonesia sekarang bekerja di lembaga-lembaga seperti pada institusi pendidikan tinggi sebagai dosen dan peneliti, LSM, maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Seluruh alumni yang mendapatkan beasiswa dari ÖSW, EED, dan BfdW diundang untuk bergabung dalam konferensi serta membagikan pengalamannya, terutama karya di bidang pemberdayaan masyarakat.

"Yang kita kita lakukan di sana benar-benar memberdayakan masyarakat. Kita dalam bentuk KKN ini pergi keliling mulai dari Papua, Tobelo, Jailolo, Pulau Rote, Pulau Sumba itu 3 tahun, tahun ini kita Pulau Alor. Di sana yang kita garap ya penduduk yang miskin yang tidak mendapatkan keadilan," kata dia.

Pemberdayaan tersebut yakni melalui program pendampingan dan pelatihan bagi masyarakat terutama bagi masyarakat marginal.

"Yang miskin ini yang perlu kita angkat untuk kita tingkatkan kehidupan mereka," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved