Kota Yogya

Yogya Perkuat Kolaborasi Wisata dengan Wilayah Lain

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta memperkuat sinergi kolaborasi dengan wilayah lain guna memperkuat kualitas dan kuantitas pariwisata di wilayah setemp

Yogya Perkuat Kolaborasi Wisata dengan Wilayah Lain
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta memperkuat sinergi kolaborasi dengan wilayah lain guna memperkuat kualitas dan kuantitas pariwisata di wilayah setempat.

Dengan ditetapkannya Yogyakarta menjadi salah satu destinasi favorit lewat kawasan segitiga Jogja, Solo, dan Semarang alias Joglosemar Dispar menilai hal ini menjadi peluang untuk mendongkrak kualitas pariwisata.

"Pekan ini kita ada pertemuan untuk membahas hal itu, jadi semua pemangku kepentingan pariwisata Joglosemar akan bertemu dan mengkaji apa yang perlu dilakukan dimana kita telah ditetapkan sebagai destinasi super prioritas," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Maryustion Tonang, Selasa (4/2/2020).

Kementerian Pariwisata Akan Promosikan Jogja Heboh 2020 ke Malaysia dan Singapura

Menurut dia, sebagai kawasan pariwisata prioritas perlu sinergi dan juga kolaborasi yang erat antar wilayah tersebut guna menciptakan industri pariwisata yang berkualitas dan berdampak pula pada tingkat kunjungan serta ihwal lain di masyarakat.

Tion menilai, kemajuan industri pariwisata yang semakin pesat membuat pemerintah perlu berkolaborasi dan juga berpikir keras untuk menggaet sejumlah wisatawan. Selain itu, penentuan segmen serta strategi lain perlu dilakukan dengan optimal.

"Kita juga tidak bisa kalau bicara pariwisata itu memandang aspek kewilayahan atau teritorial. Tapi mesti satu kesatuan antar destinasi yang ada di wilayah itu," jelas dia.

Dia berpendapat sebenarnya ikon dari Joglosemar bukan hal yang baru, namun lewat penetapan kawasan super prioritas itu perlu upaya-upaya baru untuk melakukan terobosan agar keselarasan antar wilayah dapat tercipta.

Kemenparekraf Dukung Gelaran PBTY, Semarakkan Pariwisata Indonesia

"Ini kan momennya juga pas, ke depan kita upayakan paket-paket wisata yang dijual bukan hanya berbasis satu wilayah tapi bisa juga menjangkau daerah lain pada kawasan super prioritas tadi," tambah dia.

Di sisi lain, pihaknya juga tetap mengacu pada atraksi, aksesibilitas, amenitas dan juga promosi industri pariwisata pada tiap kawasan. Sejumlah sarana dan juga prasana pendukung disebut dia juga tengah disiapkan oleh pemerintah.

Meski belum mau berkomentar banyak tentang destinasi baru yang akan diusung, namun Tion menjelaskan bahwa beberapa persiapan dari Pemkot juga tengah diupayakan untuk menampung minat serta alternatif lain bagi para wisatawan.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved