Breaking News:

Citizen Reporter

Perpustakaan STPN Yogyakarta Pertahankan Nilai Akreditasi

Pada penilaian level A di lingkungan perpustakaan sanggup melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas terhadap suatu kegiatan perpustakaan.

istimewa
Antonio Tilman, S Si T, SH, M Hum, pustakawan diperpustakaan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional di Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Perpustakaan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Republik Indonesia di Yogyakarta  berhasil mencapai target nilai A dalam Akreditasi dari Asesor Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada  Asesmen enam borang sebagai syarat akreditasi perpustakaan di seluruh tanah air.

Pada penilaian level A di lingkungan perpustakaan telah sanggup melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas terhadap suatu kegiatan perpustakaan.

Sebelum itu perpustakaan STPN  mencari informasi ke perpustakaan lain sudah mapan dalam hal sarana prasana yang berkaitan borang yang sebagai syarat dari Perpustakaan Nasional.

Selain itu juga melakukan konsultasi pada pustakawaan senior atau pustakawaan utama, yaitu Bapak Drs Budiyono, M IP di Dinas perpustakaan dan Arsip Daerah istimewa Yogyakarta memberi bimbingan dan pemahaman tentang tata kelola, manajemen perpustakaan dan pengendalian internal perpustakaan.

Lulusan STPN Harus Familiar dengan Dunia Digital

Perpustakaan STPN mendapatkan dukungan penuh dari civitas akademika STPN Yogyakarta sehingga bisa memperoleh nilai A, untuk semua elemen, enam borang sesuai aturan Perpustakaan Nasional.

Penilaian hasil enam borang  yang diperoleh dari Perpustakaan Nasional tersebut merupakan hasil penilaian pada tahun 2019.

Elemen yang dinilai yaitu peran koleksi, peran sarana dan prasarana, peran pelayanan perpustakaan, peran tenaga perpustakaan, peran penyelenggaraan dan pengelolaan dan peran komponen penguat.

Profesionalisme, akuntabilitas, manajemen kinerja, budaya dan hubungan organisasi dan struktur tata kelola perpustakaan.

Sementara Ketua STPN, Dr Ir Senthot Sudirman, MS  mengaku prestasi tersebut merupakan bentuk komitmen bersama civitas akademika terus melakukan pembenahan di semua komponen.

Super Gampang! Tutorial Make Up Khusus untuk Musim Hujan

Hal ini juga sebagai bukti keseriusan dalam pengelolaan perpustakaan di semua komponen yang terus membaik.

"Kita berharap ke depan untuk bisa mempertahankannya bahkan kalau bisa lebih ditingkatkan lagi,“ harapnya.

Asesor menegaskan Akreditasi A tersebut bukan sekedar pemenuhan dokumen atau infrastruktur namun substansinya kepada inplementasi  secara berkelanjutan dan berulang.

Sehingga hal ini bisa berdayaguna dalam mengawal tata kelolah Perpustakaan STPN menunju arah tercapainya perpustakaan berfungsi dengan baik sesuai harapan pemustaka.

Saran Asesor bahwa Perpustakaan–perpustakaan  terakreditasi A ini setiap tahun selalu ada surveilens dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, untuk melihat perkembangan perpustakaan selanjutnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

*Oleh :  Antonio Tilman, S Si T, SH, M Hum adalah pustakawan diperpustakaan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional di Yogyakarta, yang merupakan satu-satunya Perpustakaan Agraria (pertanahan) di Republik Indonesia. 

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved