Kota Yogya

Dispar Kota Yogya Siapkan Kotagede Jadi Destinasi Favorit

Dispar Kota Yogyakarta mendorong para pelaku travel agen untuk mulai menjual paket wisata di luar destinasi konvensional.

Tribun Jogja/Hamim Thohari
Masjid Gede Mataram Kotagede, satu di antara obyek wisata di kawasan Kotagede 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Yogyakarta mendorong para pelaku travel agen untuk mulai menjual paket wisata di luar destinasi konvensional.

Dispar menilai, sejumlah destinasi lain di kawasan kota Yogyakarta cukup banyak yang layak jual dan potensial dalam menggaet wisatawan.

Namun, sejumlah pelaku travel agen dianggap masih enggan memasukkan destinasi tersebut ke dalam paket destinasi para wisatawan.

Sekretaris Dispar Kota Yogya, Yetti Martanti menyebut, sebagai salah satu kawasan destinasi prioritas, Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar) punya potensi yang kuat untuk mendatangkan wisatawan.

Dewan Dukung Pemkot Kembangkan Wisata Kotagede

Dengan dukungan empat bandara internasional, bukan tidak mungkin wilayah tersebut terkhusus Jogja mampu mendatangkan wisatawan dalam jumlah besar.

Dia menyebut, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan serta memetakan potensi wisata yang terdapat di wilayah itu.

Selain kekayaan kuliner, potensi wisata budaya disebut juga bakal diunggulkan untuk menggaet wisatawan.

"Kita tengah upayakan bagaimana kawasan super prioritas Joglosemar bisa dikoneksikan dengan baik, sehingga dapat meningkatkan length of stay para wisatawan," kata dia, Senin (3/2/2020).

Sepanjang 2019 lalu, Dispar mencatat jumlah wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta mencapai angka 4,3 juta wisatawan dengan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 498.966 dan sisanya wisatawan nusantara (wisnus).

Super Gampang! Tutorial Make Up Khusus untuk Musim Hujan

Sementara untuk tingkat lama tinggal atau length of stay berada di angka 2,08 hari.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved