Breaking News:

Kulon Progo

Besok, Presiden Jokowi Resmikan Underpass Terpanjang di Indonesia

Terowongan terpanjang di Indonesia, Underpass Yogyakarta Internasional Airport (YIA) rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi.

TRIBUNJOGJA.COM / Andreas Desca Budi Gunawan
Tampak dalam underpass YIA 

TRIBUNJOGJA.COM - Terowongan terpanjang di Indonesia, Underpass Yogyakarta Internasional Airport (YIA) rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Jumat (31/1/2020) besok.

Presiden bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada Kamis (30/1/2020) sore, sekitar pukul 17.00 WIB.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Adi Sucipto, Kabupaten Sleman, Presiden langsung menuju Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Sebelum meresmikan underpass YIA, besok Presiden juga diagendakan untuk menyerahkan sertifikat hak atas lahan untuk rakyat.

Rencananya, acara tersebut digelar di Gedung Taman Budaya, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo.

Pada sore harinya, Presiden akan menuju YIA untuk meninjau fasilitas bandara tersebut sebelum kemudian lepas landas kembali ke Jakarta.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta antara lain, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Presiden Jokowi Umumkan Underpass di Kentungan dan YIA Siap Diresmikan, Kapan Beroperasi?

Penampakan Underpass Bandara YIA Kulonprogo

Underpass YIA Resmi Dibuka untuk Uji Coba bagi Masyarakat Umum

Sebelumnya, Underpass YIA di Kapanewon Temon, Kulon Progo, Jumat (24/1/2020) resmi dibuka untuk umum.

Usai acara seremonial pembukaan yang dilakukan oleh Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah VII Semarang, Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Bina Marga, Akhmad Cahyadi, ribuan masyarakat langsung bergegas memacu kendaraanya untuk melintasi underpass ini.

Sebagian besar masyarakat ini menggunakan sepeda, namun ada beberapa di antaranya yang menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Terlihat keceriaan dan rasa kagum para pesepeda saat melintasi terowongan yang merupakan underpass terpanjang di Indonesia ini.

Sembari memacu kendaraanya, mereka menikmati berbagai ornamen yang ada di dalam underpass. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bertolak ke Yogyakarta, Presiden Akan Resmikan Underpass YIA", .

Editor: Hari Susmayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved