Regional

Begini Cara PT Kereta Api Indonesia Cegah Penyebaran Virus Corona

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 1 Jakarta melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus Corona dengan cara membuka layanan cek keseh

Begini Cara PT Kereta Api Indonesia Cegah Penyebaran Virus Corona
Dok KAI Daop 1 via Kompas.com
Penumpang sedang melakukan cek kesehatan di Stasiun Gambir. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Merebaknya isu menyebarnya virus Corona juga menjadi perhatian perusahaan kereta api di Indonesia.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 1 Jakarta melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus Corona dengan cara membuka layanan cek kesehatan penumpang dan sosialisasi.

Pencegahan dilakukan di dua stasiun kereta api jarak jauh Jakarta-- Stasiun Gambir dan Pasar Senen, pada Rabu (29/1/2020).

UPDATE VIRUS CORONA : 7000 Terpapar Coronavirus dan 170 Orang Meninggal di China

Menurut Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, pemeriksaan kesehatan di dua stasiun tersebut terbuka bagi penumpang yang memiliki keluhan kesehatan seperti demam, batuk pilek, dan keluhan penyakit lainnya.

"Maraknya isu penyebaran virus corona, maka kereta api sebagai salah satu publik transport yang memiliki mobilitas tinggi turut melakukan edukasi kepada para pengguna jasa KA dengan berbagai bentuk kegiatan," kata Eva dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

"Di antaranya pembagian masker, pemasangan spanduk berisi informasi bahaya virus corona, penempatan antiseptik pembersih tangan, dan pemeriksaan kondisi tubuh penumpang," lanjutnya.

Marak Hoaks Virus Corona, RSUP Dr Sardjito Alami Penurunan Jumlah Pasien

Adapun pemasangan antiseptik pembersih tangan berada di beberapa titik area stasiun yang rentan interaksi antar penumpang seperti loket, dan pintu check boarding.

Eva melanjutkan, spanduk sosialisasi pencegahan virus corona tidak hanya dipasang di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, juga di stasiun lainnya seperti Bogor, Sukabumi, Bekasi, Cikampek, dan Manggarai.

Selain itu, PT KAI Daop 1 juga menyediakan pos kesehatan di setiap stasiun yang bertujuan membantu penumpang yang merasa kurang fit sebelum dan sesudah perjalanan KA.

Rawat Pasien Asal China, RSUP Dr Sardjito Sebut Tidak Ada Tanda-tanda Virus Corona pada Pasien

"Silakan melakukan pemeriksaan kesehatan di Poskes stasiun. Tidak hanya di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, kegiatan seperti ini juga akan kami lanjutkan di stasiun BNI City dan Bandara Soekarno - Hatta yang berintegrasi dengan transportasi lainnya," tambahnya.

Sebelumnya, virus Corona dikabarkan sedang menjadi pusat perhatian dunia karena penyebarannya yang cepat dan menelan sejumlah korban jiwa di Wuhan, China.

Berbagai tindakan antisipasi penyebaran telah dilakukan negara-negara termasuk Indonesia.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Virus Corona, KAI Buka Layanan Cek Kesehatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen"
Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Kahfi Dirga Cahya

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved