Breaking News:

Pencegahan Corona di Yogyakarta

RSUP Dr Sardjito Terapkan 4 Jenjang Kriteria Kasus Virus Corona

Empat kriteria tersebut yakni kasus dalam pemantauan, kasus dalam pengawasan, probable, dan confirm.

Penulis: Amalia Nurul F | Editor: Gaya Lufityanti
bbc.co.uk
virus corona 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - RSUP Dr Sardjito menyatakan siap untuk mengantisipasi jika ada pasien yang terindikasi neo corona virus atau 2019-nCoV ini.

dr Munawarman Ghani Sp PD(KP) selaku dokter spesialis paru pun menguraikan, ada empat jenjang kriteria untuk kasus virus corona ini.

Empat kriteria tersebut yakni kasus dalam pemantauan, kasus dalam pengawasan, probable, dan confirm.

Masing-masing memiliki gejala dan riwayat.

BREAKING NEWS : RSUP Dr Sardjto Bantah Adanya Pasien Pengidap Virus Corona

"Untuk kasus dalam pemantauan, ada gejala flu light syndrome jadi belum sampai pneumoni, seperti orang flu ada demam, pilek, dan sakit tenggorokan. Kemudian dia ada riwayat perjalanan sebelum 14 hari ke wilayah yang terjangkit," terangnya.

Untuk kasus dalam pengawasan, lanjutnya, yakni pasien terdapat flu light syndrome tapi dia punya riwayat perjalanan ke Wuhan dalam kurun waktu kurang dari 14 hari.

Ia juga menyebutkan kriteria lain untuk kasus dalam pengawasan ini.

"Dia flu light syndrome tapi dia memiliki riwayat paparan dari tiga kelompok. Pertama, riwayat kontak erat dengan kasus yang memang dia konfirmasi, artinya dia kontak erat dengan pasien yang terindikasi corona virus. Kedua ada gejala flu light syndrome dan dia bekerja atau menjungi fasilitas kesehatan yang berhubungan dengan pasien yang terkonfirmasi virus tersebut," jelasnya.

"Kelompok ketiga, dia memiliki riwayat kontak erat dengan hewan penular, tentunya juga sudah teridentifikasi kena virus corona," sambungnya.

5 Tahap Mudah Tutorial Skincare Morning Routine, Jaga Kulit Wajah Agar Sehat Sedari Pagi

Ia juga menyebut, kriteria lain untuk kasus dalam pengawasan, yakni pasien dengan flu light syndrome, ditambah dengan sesak napas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved