Pendidikan

LKBH UII Komitmen Beri Layanan Hukum pada Masyarakat Pencari Keadilan

LKBH FH UII menjaga konsistensinya dalam memberikan bantuan hukum dan pemberdayaan hukum kepada semua lapisan masyarakat.

LKBH UII Komitmen Beri Layanan Hukum pada Masyarakat Pencari Keadilan
istimewa
Direktur LKBH FH UII Bambang Sutiyoso dalam jumpa pers LKBH FH UII pada Jumat (24/1/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebagai organisasi bantuan hukum Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (LKBH FH UII) hadir di tengah masayarakat untuk memberikan bantuan dan pemberdayaan hukum kepada masyarakat.

Meskipun berada di bawah naungan kampus, LKBH FH UII tetap menjaga konsistensinya dalam memberikan bantuan hukum dan pemberdayaan hukum kepada semua lapisan masyarakat.

Direktur LKBH FH UII Bambang Sutiyoso mengatakan sepanjang 2019 LKBH FH UII sudah memberikan 207 konsultasi hukum dan 31 Bantuan hukum kepada Masyarakat pencari keadilan.

"Selain itu LKBH FH UII melakukan kegiatan yang mendukung salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan Sustainable Development Goals (SDGs) yang diluncurkan oleh United Nations Development Programme (UNDP), pada Bulan Januari 2016 dengan membuka akses keadilan seluas-luasnya bagi masyarakat," ujarnya dalam jumpa pers yang digelar Jumat (24/1/2020).

UII Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Pengajaran dengan Menambah Jumlah Doktor

Tahun 2019 menjadi tahun politik dimana LKBH FH UII membuat Seminar Nasional terkait Quo Vadis Penegakan Hukum di Tahun Politik dengan melihat penegakan hukum yang carut marut di tahun tersebut.

Seiring dengan itu LKBH FH UII membuka posko pengaduan Dampak Pemilu Presiden dan legislatif.

"Pada saat itu banyak anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)yang meninggal karena bekerja dan mengawal Pemilihan Presiden dan Legislatif, dampak itu sangat massif sehingga LKBH FH UII membuka posko pengaduan dan bantuan hokum terhadap korban maupun keluarga korban  anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)," katanya.

Tahun 2019 LKBH FH UII  banyak menjalin kerjasama dengan instansi di luar UII seperti kerjasama dengan Pengadilan Negeri, Pengadilan Tata Usaha Negara, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) DIY, Indonesian Legal Research Centre (ILRC), LBH Jogja, LBH Jakarta dan Ikadin Kota Yogyakarta.

5 Tahap Mudah Tutorial Skincare Morning Routine, Jaga Kulit Wajah Agar Sehat Sedari Pagi

Kerjasama-kerjasama tersebut tentunya sebagai bentuk peningkatan terhadap akses bantuan hukum.

Secara internal Advokat dan Paralegal yang biasa disebut dengan Pembela Umum (PU) di LKBH FH UII juga ikut ditingkatkan kemampuannya melalui pelatihan-pelatihan dan diskusi rutin.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved