Jawa

Bupati Serahkan Bantuan Mesin Pertanian dan Asuransi Tani kepada Petani di Magelang

Bantuan ini diharapkan dapat membantu kerja petani dan mendukung peningkatan produktivitas hasil pertanian di Kabupaten Magelang.

Bupati Serahkan Bantuan Mesin Pertanian dan Asuransi Tani kepada Petani di Magelang
IST
Bantuan alat mesin pertanian dan asuransi usaha tani padi diberikan kepada para petani yang ada di Kabupaten Magelang, Rabu (22/1/2020) oleh Bupati Magelang, Zaenal Arifin, di Pendopo drh Soepardi, Kota Mungkid, Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Bantuan alat mesin pertanian dan asuransi usaha tani padi diberikan kepada para petani yang ada di Kabupaten Magelang, Rabu (22/1/2020).

Bantuan ini diharapkan dapat membantu kerja petani dan mendukung peningkatan produktivitas hasil pertanian di Kabupaten Magelang.

"Saya berharap bisa terus didorong untuk luas tanah pertanian, sehingga bisa meningkatkan produktivitas pertanian. Semoga bermanfaat bantuan yang telah diberikan," tutur Bupati Magelang, Zaenal Arifin, Rabu (22/1/2020) di sela acara penyerahan bantuan di Pendopo drh Soepardi, Kota Mungkid, Magelang.

Wakil Bupati Magelang : Semua Pihak Harus Siap Hadapi Ancaman Bencana Alam

Bantuan yang diberikan antara lain traktor roda 2 sebanyak 15 unit, Cultivator sebanyak 30 unit, dan pompa air sebanyak 40 unit.

Sedangkan uang klaim dari asuransi usaha tani padi senilai Rp 40.200.000 sebagai pengganti kerugian tanaman padi yang mengalami kerusakan seluas 6,7 hektar dari 3354 hektar lahan yang diajukan di sepanjang tahun 2019.

Penyerahan bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Bupati Magelang, Zaenal Arifin dan disertai Dandim 0705/Magelang, Letkol Czi Anto Indriyanto, camat se-Kabupaten Magelang, para ketua Gapoktan penerima bantuan, serta ketua Poktan penerima dana asuransi pertanian tahun 2019.

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Pratomo Subroto, berharap bantuan ini dapat memberikan motivasi pengelolaan alat mesin pertanian yang lebih baik dan mendorong petani untuk mengikuti program asuransi usaha tani padi.

Bupati Magelang Serahkan Bantuan pada Warga Terdampak Angin Kencang

"Kami berterimakasih kepada Dandim dan Danramil se-Kabupaten Magelang yang telah bersinergi dengan Dinas Pertanian Dan Pangan dalam upaya untuk mensukseskan program ini. Ini merupakan bukti bahwa kita semua berempati terhadap rekan-rekan petani manakala mengalami musibah yang disebabkan oleh kerusakan hama penyakit, kekeringan, maupun akibat bencana alam," ujar Pratomo.

Lanjut Pramono, akan ada program baru di tahun 2020 ini dari Kementerian Pertanian yakni Kostrad Tani (Komando Strategi Pembangunan Pertanian).

Kegiatannya serupa dengan program Binmas pada tahun 1980, dimana di dalam pembangunan pertanian berperan mengoptimalisasi tugas komando di tingkat kecamatan.

Zaenal Arifin sendiri berharap kader-kader muda dapat dipersiapkan untuk bekerja di sektor pertanian.

Menurutnya, pertanian adalah sektor krusial demi kedaulatan pangan di Kabupaten Magelang.

Kesejahteraan masyarakat Kabupaten Magelang yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani dapat meningkat.

"Saya juga titip pesan agar umber-sumber mata air ini harus kita rawat dan jaga sebaik-baiknya karena berperan sangat penting di masa musim kemarau," pungkas Zaenal.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved