Wabah Virus Corona

Waspadai Penyebaran Virus Corona, Dinkes Kota Yogya Perketat Pengawasan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi tubuh dan awas terhadap penyebaran virus Corona.

Waspadai Penyebaran Virus Corona, Dinkes Kota Yogya Perketat Pengawasan
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi tubuh dan awas terhadap penyebaran virus Corona.

Diketahui, penyakit itu ditemukan pertama kali di China pada awal Januari 2020 lalu dan diduga memiliki kemiripan dengan virus SARS yang juga merupakan anggota dari virus korona.

Dinkes Kota Yogya menyebut telah melakukan sejumlah persiapan dan juga antisipasi guna meningkatkan pengawasan terhadap penularan penyakit itu.

Salah satunya yakni dengan memperketat pengawasan di areal Bandara terutama pada pintu masuk.

Bandara dianggap merupakan wilayah yang perlu dijaga ketat karena merupakan salah satu pusat mobilitas yang cukup tinggi bagi para pengunjung Yogyakarta.

"Untuk pengamanan memang kami mulai dari pintu masuk seperti Bandara agar semakin diperketat," kata A.S. Williamto, Kepala Seksi Surveilans dan Sistem Informasi Kesehatan Dinkes Kota Yogya, Selasa (21/1/2020).

Virus Misterius dari China Diduga Bisa Menular Antar-Manusia, Korban Terus Meningkat

Willi menjelaskan, gejala umum dari infeksi virus korona antara lain demam, batuk, dan sulit bernapas.

Penyakit ini dikatakan juga identik dengan Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS CoV) dan juga virus flu burung.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan rujukan jika terdapat gejala-gejala umum, sehingga dapat segera diketahui penyebabnya secara pasti.

Pasalnya, gejala umum itu juga dapat dimungkinkan sama dengan penyakit lainnya yang menyebar melalui kontak dengan hewan atau manusia atau pula ketika bersentuhan dengan penyintas.

Halaman
1234
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved