Gunungkidul

Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Rencanakan Bangun Kolam Dipping

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, rencanakan membangun kolam dipping di pasar hewan Siyono, dan pasar hewan Munggi.

Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Rencanakan Bangun Kolam Dipping
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, rencanakan membangun kolam dipping di pasar hewan Siyono, dan pasar hewan Munggi.

Kolam dipping diharapkan menjadi pencegah berbagai macam penyakit untuk menular.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Bambang Wisnu brotu menjelaskan kolam dipping adalah kolam kecil yang ditempatkan di pintu masuk pasar hewan pada kolam tersebut diisi disinfektan.

"Nantinya juga akan ada shower atau penyemprot diatas untuk menyemprot bagian atas kendaraan pembawa hewan ternak, kalau kolam itu untuk membasuh bagian rodanya," kata Bambang.

Dinas Pertanian Gunungkidul Dorong Petani Tanam Kedelai

Ia mengungkapkan saat ini pihaknya sedang menyusun anggaran untuk membangun kolam dipping di dua pasar hewan besar tersebut.

"Anggaran untuk vaksin, obat-obatan, alat pelindung diri termasuk untuk KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) anthraks sedang disusun ini sekalian dengan pembangunan kolam dipping.  Saat ini contoh skala kecil kolam Dipping di Bidang Peternakan (Dinas Pertanian dan Pangan)," kata Bambang. 

Ia menjelaskan pihaknya telah melakukan penyuntikan antibiotik, yang Sabtu (18/1/2020) lalu dilaksanakan di Desa Pucangan, dan Desa Dadapayu, kecamatan Semanu.

Bambang menjabarkan desa yang diberikan vaksinasi dan Antibiotik sesuai dengan ring wilayah terpapar dan berpotensi terpapar, seperti ring merah untuk Desa Gombang, Kecamatan Ponjong, Sapi sebanyak 579 ekor, kambing 1458 ekor.

Dinkes Gunungkidul Gerak Cepat Tanggapi Laporan Kesehatan Masyarakat setelah Kontak dengan Ternak

"Lalu ada zona Kuning Desa Sidorejo Ponjong, dan juga Desa Dadapayu Semanu. untuk Sidorejo ada 2.500 ekor sapi, dan 2000 kambing. Lalu Desa Dadapayu 335 ekor Sapi, dan 803 ekor Kambing," urainya.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved