Kulon Progo

Paguyuban Guyub Remen Deklarasikan Stop Perkawinan Anak

Sejumlah pemuda yang tergabung dalam paguyuban Guyub Remen, Minggu (19/1/2020) melaksanakan deklarasi stop perkawinan anak.

Paguyuban Guyub Remen Deklarasikan Stop Perkawinan Anak
IST
Kegiatan Deklarasi Stop Perkawinan Anak di Kulon Progo 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Andreas Desca Budi Gunawan

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Sejumlah pemuda yang tergabung dalam paguyuban Guyub Remen, Minggu (19/1/2020) melaksanakan deklarasi stop perkawinan anak.

Berlokasi di Embung Krapyak Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kulon Progo, mereka menggandeng kelompok Kalyanamitra, Karang Taruna, Pemerintah Desa dan masyarakat untuk bersama mengurangi angka pernikahan anak.

Ketua kegiatan Deklarasi ini, Zuwaeni menyampaikan bahwa angka pernikahan anak di Kapanewon Kalibawang khsususnya Desa Banjaroyo tergolong cukup tinggi.

"Ini sengaja dilakukan untuk menggugah kepedulian Masyarakat terhadap pernikahan anak," katanya.

Mengambil tema 'Kejarlah Ijazahmu Sebelum Buku Nikahmu', deklarasi ini diwarnai dengan berbagai kegiatan yang menarik.

Salah satunya yakni peetunjukan pentas kesenian yang dibawakan oleh anak-anak di Desa Banjaroyo.

Cegah Perkawinan Anak dengan Perwal

Selain itu diketahui pada deklarasi ini, beberapa perwakilan dari Dinas Sosial PPPA, Disdikpora, DPMDPPKB, Kemenag dan Pemerintah Desa Banjaroyo turut mendukung gerakan untuk mengurangi perkawinan anak ini dengan turut memberikan tanda tangannya pada sebuah nota kesepakatan.

Zuwaeni juga menambahkan, selain Deklarasi ini, kelompoknya juga beraksi secara langsung untuk menanggulangi tingginya angka pernikahan anak yang ada.

"Kita mengadakan diskusi dengan sekolah-sekolah dan Karang Taruna tentang kesehatan reproduksi remaja dan perkawinan anak," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Andreas Desca
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved