Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto Dukung Deklarasi Masyarakat Jaga Kelestarian Sungai

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto Dukung Deklarasi Masyarakat Jaga Kelestarian Sungai

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto Dukung Deklarasi Masyarakat Jaga Kelestarian Sungai
Istimewa
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto saat memberikan keterangan kepada wartawan di sela-sela kerja bakti membersihkan sampah di Kali Buntung, Sabtu (18/1/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM - Menindaklanjuti kunjungan kerja lapangan Komisi A DPRD DIY di Kali Buntung di RW 03 Kricak, Tegalrejo, pada Sabtu (18/1/2020) pagi dilaksanakan kerja bakti pembersihan sampah.

Kerja bakti pembersihan sampah di Kali Buntung ini dihadiri oleh ketua komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan Eko Suwanto, Kepala BPBD Yogyakarta Hari Wahyudi, Wakil Ketua Komisi C DPRD Yogyakarta Dedi Jati Setiawan beserta Anggota Endro Sulaksono, dan diikuti jajaran TNI, Polri, BPBD, Katana, KTB, relawan dan Pengurus Kelurahan, Ketua RW dan warga.

Sebelum pelaksanaan kerja bakti, dilakukan apel kesiapsiagaan yang dipimpin Dandim 0734/Yogyakarta Kolonel Arh Zaenudin S.H M.Hum.

Dalam amanatnya Dandim menegaskan bahwa sungai adalah wajah peradaban, wajah masyarakat kita. Dandim berpesan agar masyarakat senantiasa merawat dan melestarikan sungai.

Sementara itu Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, Eko Suwanto dalam sambutannya menekankan pentingnya membangun kesadaran masyarakat untuk berkomitmen menjaga kebersihan dan kelestarian sungai.

"Kita mengajak warga untuk cinta lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan khususnya di sungai.

Kita juga mendesak pemkot untuk perbaiki tata kelola sampah khususnya di pemukiman penduduk yang dilewati sungai.

Selain perbaikan tata kelola sampah, kedepan juga perlu komitmen pemda untuk koordinasi dengan BBWSO melakukan perbaikan talud, dan infrastruktur sungai yang rusak. Minggu depan Insya Allah Kom A akan undang instansi terkait untuk membicarakan hal ini," ujar politisi muda PDI Perjuangan Eko Suwanto

Eko Suwanto juga menyatakan mendukung deklarasi yang disampaikan masyarakat dalam apel Sabtu siang.

"Kita tentu dukung masyarakat laksanakan isi deklarasi ini dengan konsisten. Ayo masyakat berkomitmen cinta sungai mulai saat ini juga. Stop buang sampah sembarangan, stop buang sampah ke sungai. Kita ingin sungai bersih asri dan elok agar kita terhindar dari bencana alam. Ayo jadikan Jogja pelopor sungai bersih,"imbuhnya.

Halaman
12
Editor: Hari Susmayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved