Gelapkan Uang Koperasi Senilai Rp 1 Miliar, Perwira di Polresta Madiun Dipecat Secara Tidak Hormat

Gelapkan Uang Koperasi Senilai Rp 1 Miliar, Perwira di Polresta Madiun Dipecat Secara Tidak Hormat

Gelapkan Uang Koperasi Senilai Rp 1 Miliar, Perwira di Polresta Madiun Dipecat Secara Tidak Hormat
KOMPAS.COM/MUHLIS AL ALAWI
PECAT--Salah satu anggota Polres Madiun Kota membawa foto AKP Heru Nurtjahyono, seorang perwira polisi yamg dipecat karena terbukti turut serta menggelapkan keuangan koperasi anggota polisi hingga merugikan Rp 1 milyaran. 

TRIBUNJOGJA.COM - Seorang perwira di Polres Madiun dipecat secara tidak hormat setelah terbukti melakukan penggelapan uang koperasi senilai Rp 1 Miliar.

Oknum polisi bernama AKP Heru Nurtjahyono tersebut tak hanya dipecat secara tidak hormat, namun juga divonis penjara 2,5 tahun oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Kota Madiun, Jawa Timur.

Kasus Investasi MeMiles, Polda Jatim Periksa Anggota Keluarga Cendana

Kasus penggelapan uang koperasi tersebut dilakukan Heru saat menjabat sebagai Ketua Primkop Polres Madiun Kota periode 2010-2015.

Seperti dilansir dari Antaranews.com, modus penggelapan uang koperasi yang dilakukan Heru adalah merekayasa buku neraca keuangan periode 2013.

Akibat penggelapan yang dilakukan, Heru sejak Senin 19 September 2016 sudah dilakukan penahanan oleh pihak kepolisian setempat.

Selain melakukan penahanan, saat itu polisi juga menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya, buku kas umum bendahara tahun 2013, buku laporan keuangan periode tahun 2013, satu unit mobil, serta satu buku sertifikat tanah.

Penyebab Suara Misterius Mirip Tangis Perempuan dari Pohon yang Hebohkan Warga Jember

Kisah Siswa SMA 1 Sigaluh Sukses Menjadi Juara Lomba Karya Tulis, Tak Malu Jualan Angkringan

Kapolres Madiun Kota AKBP R Bobby Aria mengatakan, pemecatan terhadap AKP Heru Nurtjahyono dilakukan setelah yang bersangkutan menjalani serangkaian proses hukum di Pengadilan Negeri Kota Madiun.

Dalam kasus penggelapan uang koperasi itu, Heru dinyatakan bersalah dan telah divonis dengan hukuman 2,5 tahun penjara oleh hakim di PN setempat.

Lebih lanjut Bobby mengatakan, pemecatan secara tidak hormat tersebut diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi personel polisi lainnya.

Sebab, Polri tidak akan melindungi anggotanya yang melanggar hukum, dan akan menindak tegas siapapun yang terbukti bersalah melakukan tindak pidana.

"Dengan berat hati kami berhentikan secara tidak hormat AKP Heru Nurtjahyono atas tingkah laku yang tidak mencerminkan tindakan Polri," kata Boby saat memimpin upacara pemberhentian di Mapolres Madiun Kota, Jumat (17/1/2020).(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perwira Polisi di Madiun Dipecat, Ini Kasus yang Menjeratnya", .

Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved