Otomotif

Begini Pertolongan Pertama terhadap Mobil yang Terendam Banjir

Hampir semua mobil yang digunakan untuk sehari-hari tak diperuntukkan penggunaannya dalam keadaan jalanan berair hingga mesin bagian mesin terendam.

Begini Pertolongan Pertama terhadap Mobil yang Terendam Banjir
Instagram @partopatrio
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bila pernah mengendarai mobil melewati rute berair sehingga sebagian mobil terendam air atau bahkan mobil pernah terendam banjir, perlu segera melakukan penanganan yang tepat agar mobil tak mengalami kerusakan yang lebih parah.

Hampir semua mobil yang digunakan untuk kebutuhan aktivitas kekinian saat ini tak diperuntukkan penggunaannya dalam keadaan jalanan berair hingga mesin bagian mesin terendam.

Meskipun ada sebagian kecil mobil yang memang didesain untuk bisa melewati air.

Ketika mobil yang peruntukannya di darat terendam air sehingga sebagian besar mobil terendam, sebaiknya segera melakukan beberapa hal sehingga mobil masih bisa digunakan.

5 Tahap Mudah Tutorial Skincare Morning Routine, Jaga Kulit Wajah Agar Sehat Sedari Pagi

Menurut Yuli, dari bengkel Dwi Yuli yang berada di Jalan Kaliurang Yogyakarta, langkah pertama adalah segera melepas aki mobil.

Hal ini untuk menghindari terjadinya arus pendek dan menyebabkan kebakaran bila arus listrik dari aki terkena air.

Ketika terjadi arus pendek karena aki belum dicopot, maka bisa terjadi kerusakan komponen komponen elektronik yang mendukung kinerja mobil.

"Jangan pernah mencoba menyalakan mesin mobil ketika terendam air. Hal ini juga yang menyebabkan arus pendek dan merusak banyak komponen elektronik mobil. Biarkan saja dulu, cari bantuan untuk mendorong mobil atau menggunakan jasa towing," terang Yuli.

Selanjutnya, menurut Yuli, segera pastikan rem tangan dalam keadaan lepas atau mobil dalam transmisi netral.

Halaman
1234
Penulis: Yudha Kristiawan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved