Bisnis

Bayar Pajak Bisa Pakai GoPay

GoPay kembali melebarkan sayapnya, kali ini melalui fitur GoBills, masyarakat semakin dimudahkan dalam urusan membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Bayar Pajak Bisa Pakai GoPay
IST
Masyarakat DIY yang hendak membayar PBB kini semakin mudah karena bisa dilakukan menggunakan GoPay melalui GoBills. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - GoPay kembali melebarkan sayapnya, kali ini melalui fitur GoBills, masyarakat semakin dimudahkan dalam urusan membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Head of Sales GoPay, Arno Tse mengatakan, selain menawarkan kemudahan, layanan ini juga bertujuan untuk membantu memaksimalkan potensi penerimaan daerah Pemerintah Kota dan Kabupaten se-DIY.

Arno menambahkan, terobosan ini membuat DIY menjadi provinsi pertama yang dapat menerima pembayaran non-tunai untuk pajak daerah seperti pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan selain pajak bumi dan bangunan (PBB) dan retribusi.

GoPay Dampingi Pelaku UMKM di Yogyakarta Agar Matang Berbisnis

"Pengembangan inovasi ini sejalan dengan instruksi Presiden untuk memaksimalkan transaksi non-tunai dalam transaksi keuangan pemerintah, dan sebagai fintek karya anak bangsa, GoPay terus berupaya untuk mendukung cita-cita tersebut dengan menghadirkan kemudahan pembayaran non-tunai di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk dalam membayar pajak,”ujarnya, Rabu (15/1/2020).

Ia berharap dengan kemitraan yang terjalin tersebut tidak hanya memudahkan masyarakat namun juga pemerintah dalam mengumpulkan pajak sehingga menjadi lebih aman dan transparan.

Pada September 2019 lalu, Gojek menandatangani nota kerjasama dengan PT Bank BPD DIY untuk pembayaran pajak daerah dan retribusi, dan PBB.

Cara pembayaran sangat mudah, cukup buka aplikasi Gojek, pilih layanan GoBills, dan pilih menu pembayaran pajak sesuai kebutuhan apakah retribusi atau PBB.

Kemudian pelanggan dapat memilih pembayaran sesuai kota dan kabupaten yang dikehendaki.

Pelanggan cukup memasukkan nomor objek pajak dan tahun pajak, bayar dengan GoPay dan konfirmasi pembayaran menggunakan PIN dan pembayaran selesai.

Dua Mal Tak Beroperasi Akibat Banjir, Pengelola Minta Kompensasi Pajak ke Gubernur Anies Baswedan

Direktur Utama PT Bank BPD DIY, Santoso Rohmad, mengungkapkan, pembayaran PBB dengan metode non-tunai merupakan salah satu terobosan dalam memaksimalkan potensi penerimaan daerah di seluruh Kota dan Kabupaten se Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Seiring dengan program pemerintah mewujudkan masyarakat non-tunai yang direncanakan oleh pemerintah dan Bank Indonesia. Selain itu, masyarakat dapat menikmati kemudahan dan kenyamanan transaksi dengan metode non-tunai yang lebih aman. Kedepannya dalam semangat sinergi dan kolaborasi, kami berharap kami dapat memperluas manfaat non-tunai tidak hanya untuk pembayaran PBB tetapi juga digitalisasi produk perbankan lainnya," bebernya.

Sebelumnya, GoPay telah bekerja sama dengan BPD setempat di provinsi Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Kalimantan Selatan hanya untuk menerima pembayaran PBB dengan GoPay melalui fitur GoBills yang ada di dalam aplikasi Gojek.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved