Barongsai Jadi Simbol Akulturasi Tionghoa dan Jawa di Yogyakarta

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) 2020 resmi dilaunching pada Selasa (14/1/2020) lalu tepat di depan Gapura Ketandan, Kota Yogyakarta.

Barongsai Jadi Simbol Akulturasi Tionghoa dan Jawa di Yogyakarta
Tribun Jogja/Wahyu Setiawan
Penampilan Naga/Dragon dalam launching Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) 2020 di Gapura Ketandan, Kota Yogyakarta, Selasa (14/1/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) 2020 resmi dilaunching pada Selasa (14/1/2020) lalu tepat di depan Gapura Ketandan, Kota Yogyakarta.

Dalam launching tersebut, belasan barongsai dari tiga paguyuban yang menjadi penyelenggara PBTY ke-15 ini ambil bagian.

Mereka berasal dari Paguyuban Bhakti Putera, Hin An Hwee Koan dan PSMTI DIY yang turut menampilkan atraksi untuk menghibur wisatawan yang datang ke Malioboro.

Dipilihnya barongsai menyertai launching event tahunan ini bukan tanpa sebab.

Tri Kirana Muslidatun Ketua PBTY mengatakan Barongsai merupakan wujud akulturasi budaya antara Tionghoa dan Jawa yang terjadi di Yogyakarta.

"Barongsai ini budaya Tionghoa tapi yang memainkan itu orang Jogja. Jadi inilah bagaimana akulturasi budaya tercipta," paparnya kemarin.

Selasa Wage, Malioboro Kembali Menjadi Kawasan Semi Pedestrian

Gelar Selasa Wage #4, Malioboro Mall “Edan-edanan” Bikin Acara dan Diskon

Dalam penyelenggaraan PBTY 2020 akan mengangkat pesan mempertahankan akulturasi dan toleransi melalui budaya yang dituangkan dalam tema 'The Cultural Colours of Wonderful Indonesia diusung'.

"Yogyakarta itu mininya Indonesia dimana di kota ini ada banyak akulturasi, sehingga harus terus dipertahankan lewat event ini untuk merawatnya," ujarnya.

"(PBTY) sudah diselenggarakan 15 kali, banyak yang menanti untuk datang ke event ini baik lokal maupun mancanegara makanya harus terus kami pertahankan," ungkapnya. (Tribunjogja/Wahyu Setiawan Nugroho)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved