Sleman

Perkara Tilang di Sleman Masih Tinggi, Mencapai 66.342 di 2019

Jumlah pelanggar lalu lintas di Sleman masih tinggi. Selama 2019 Kejaksaan Negeri Sleman telah menerima 66.342 perkara tilang.

Perkara Tilang di Sleman Masih Tinggi, Mencapai 66.342 di 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Jumlah pelanggar lalu lintas di Sleman masih tinggi. Selama 2019 Kejaksaan Negeri Sleman telah menerima 66.342 perkara tilang.

Kasi Pidum Kejari Sleman Bondan Subrata saat diwawancarai Selasa (14/1/2020) mengatakan bahwa tren pelanggaran lalu lintas selalu meningkat dengan meningkatnya jumlah orang berkendara dan kendaraan.

Namun dari  66.342 perkara tilang yang masuk di 2019, tidak semua pelanggar mengurus sidang tilangnya.

Pelanggar yang sudah diselesaikan atau dalam hal ini pelanggar yang membayar dendanya ada 60.194 perkara dan denda disetor ke kas negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp 3,38 miliar.

Viral Kendaraan Pengangkut Barang Ditilang di Kulon Progo, Begini Tanggapan Polisi

"Memang ada beberapa tunggakan yang belum diselesaikan, pelanggar belum mengambil berkas tilang dan menyetor denda yakni mencapai Rp 449 juta," ujarnya.

Sidang tilang biasanya dilakukan pada hari Jumat, dan menurutnya tunggakan ini salah satu penyebabnya adalah masyarakat yang masih disibukkan dengan pekerjaan, sekolah maupun hal lainya sehingga tidak sempat mengurus tilangnya.

"Maka dari itu, kita upayakan dengan membuka pelayanan tilang sabtu dan minggu pada pukul 08.00 - 15.00. Terbukti banyak atensi dari masyarakat yang datang," jelasnya.

Di samping itu, Kejari Sleman juga membuat terobosan pelayanan lain yaitu antar barang bukti tilang ke rumah warga.

Tujuannya untuk melayani masyarakat yang tidak sempat mengambil barang bukti ke Kejari Sleman.

Beredar Informasi Tilang e-CCTV di WhatsApp, Polresta Yogya Pastikan Itu Hoaks

Menurutnya, proses sidang tilang saat ini terbilang mudah dan tidak berbelit-belit, namun  ia menekankan bahwa tidak ada salahnya pengendara menaati peraturan lalu lintas demi keamanan diri sendiri.

Halaman
12
Penulis: Santo Ari
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved