Kota Yogya

Awal 2020, Seorang Warga di Kota Yogya Terjangkit Leptospirosis

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mencatat ada satu kasus leptospirosis di awal tahun 2020

Awal 2020, Seorang Warga di Kota Yogya Terjangkit Leptospirosis
ist
Leptospirosis 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mencatat ada satu kasus leptospirosis di awal tahun 2020. Hingga saat ini, pasien tersebut masih dirawat di rumah sakit.

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular dan Imunisasi Dinkes Kota Yogyakarta, Endang Sri Rahayu mengatakan kasus leptospirosis di Kota Yogyakarta terbilang rendah.

Meski demikian tidak bisa diangkat enteng, karena potensi kematian pasien tinggi.

"Tidak tinggi, jika dibandingkan dengan diare dan ISPA yang angka per tahunnya bisa mencapai ribuan. Tetapi jika dibanding dengan diare dan ISPA, tingkat kematian pasien lebih tinggi,"katanya, Selasa (14/01/2020).

Ia mengungkapkan pada tahun 2019, kasus leptospirosis mencapai 24 kasus.

RSUP Sardjito Siapkan SOP Penanganan Penyakit MERS CoV

PMI Sleman Kerahkan 1.400 Relawan Hingga Ambulans Premium

Menurut dia angka tersebut tidak termasuk tinggi. Meski demikian pihaknya terus melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

"Kalau selama satu tahun ada 24 kasus, ya biasa tidak tinggi. Tetapi harus wasapada, karena kemarin ada yang meninggal dua,"ungkapnya.

Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans.

Bakteri tersebut disebarkan melalui urine hewan yang terinfeksi bakteri tersebut. Salah satu hewan yang dapat membawa bakteri tersebut adalah tikus atau hewan pengerat lainnya.

Manusia bisa terinfeksi leptospirosis melalui kontak langsung dengan urin hewan yang terinfeksi, bisa melalui air, tanah, bahkan makanan.

Untuk itu, Dinskes mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, sehingga tidak menjadi sarang tikus. (Tribunjogja/Christi Mahatma Wardhani)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved