Fakultas Peternakan UGM Kembangkan Sapi Gagah dan Macho, Silangan Tiga Jenis Sapi

Fakultas Peternakan UGM Kembangkan Sapi Gagah dan Macho, Silangan Tiga Jenis Sapi

Fakultas Peternakan UGM Kembangkan Sapi Gagah dan Macho, Silangan Tiga Jenis Sapi
Istimewa
Sapi GaMa 

TRIBUNJOGJA.COM - Fakultas Peternakan UGM tengah mengembangkan sapi GaMa atau singkatan dari Gagah dan Macho.

Sapi ini merupakan hasil perkawinan silangan dari tiga jenis sapi secara bersamaan yakni sapi Belgian Blue, Wagyu dan Brahman.

Dekan Fakultas Peternakan UGM Prof Ali Agus menjelaskan ketiga jenis sapi memiliki keunggulan masing-masing.

Misalnya sapi Belgian Blue, dikenal dengan sapi yang memiliki bobot yang besar dan berotot, sapi Wagyu memiliki daging yang enak dan empuk, sedangkan sapi Brahman memiliki lambung yang besar dan adapatif dengan lingkungan tropis.

Ia menerangkan, bila pengembangan sapi ini berhasil, maka dapat untuk mendorong peningkatan produksi daging di tanah air.

"Tujuannya membantu menambah suplai produksi daging, kita ini membutuhkan pasokan daging, rata-rata satu ekor sapi kita selama ini hanya mampu hasilkan 100-150 kilogram," katanya.

Sedangkan target pengembangan sapi GaMa ini selesai dalam 20 tahun, dan saat ini sudah jalan sekitar 6 tahun. Sapi yang ada berumur dua tahun bobotnya sudah mencapai 550-600 kilogram.

Sapi Bunting Berlutut di Depan Rumah Jagal, Picu Gerakan Massif Warganet

Bengkel Ternak di Desa Jambakan Klaten Ini Permak Sapi Kurus Jadi Gemuk

Lamanya proses pengembangan sapi GaMa ini menurut Ali Agus sangat wajar untuk mendapatkan turunan sapi yang stabil dengan berbagai data yang akan bisa didapatkan.

Dia menyebutkan bahwa saat ini sudah ada sekitar 200 ekor sapi GaMa yang sudah dikembangkan yang selanjutnya akan terus dipelihara dan dikawin silangkan agar mendapatkan turunan sapi dengan genetik yang lebih baik dan stabil.

Namun begitu, pengembangan sapi ini bekerja sama dengan mitra agar pemenuhan pakan dan pengawasan lebih terkontrol.

Pusat pengembangan sapi Gama ini berada di Instalasi Bengkel Sapi CV Berkah Andini Lestari yang berada di Widodomartani, Ngemplak Sleman dan PT Widodo Makmur Perkasa (WMP), Desa Jambakan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

"Selama masa pengembangan, sapi GaMa ini mendapatkan pakan khusus yang berasal dari limbah pertanian yang menggunakan formula multifunctional feed additive yang mengandung mineral, vitamin immunomodulator dan ekstrak herbal," terangnya.(Tribunjogja/Santo Ari)

Penulis: Santo Ari
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved