Eko Suwanto : Cegah Klitih, Orangtua, Tokoh dan Pemerintah Harus Perkuat Budi Pekerti Anak

Eko Suwanto : Cegah Klitih, Orangtua, Tokoh dan Pemerintah Harus Perkuat Pendidikan Budi Pekerti

Eko Suwanto : Cegah Klitih, Orangtua, Tokoh dan Pemerintah Harus Perkuat Budi Pekerti Anak
Istimewa
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto 

TRIBUNJOGJA.COM - Tindak kekerasan di jalanan di wilayah DIY kembali memakan korban jiwa.

Hal ini tentu sungguh memalukan bagi rakyat Jogja yang dikenal ramah dan berbudi pekerti luhur.

Praktek kekerasan ini membuat prihatin sekaligus sedih Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto.

"Kami turut berduka cita atas wafatnya korban kekerasan ini. Semoga almarhum diterima mulia di sisi Allah. Tindak kekerasan ini tidak saja timbulkan korban dan rasa takut, juga mengancam perekonomian Jogja,"kata Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan Eko Suwanto,Senin (13/1/2020).

"Sebagaimana diketahui Jogja merupakan tujuan wisata dan sekaligus tujuan orang belajar. Kekerasan ini dapat menimbulkan rasa takut, was was dan kekhawatiran saat bepergian. Oleh karena itu pemerintah, tokoh masyarakat, keluarga dan aparat penegak hukum harus bersama sama memberikan perhatian dan kerja keras agar kekerasan ini tidak terjadi lagi dan tidak berulang serta harus dapat mewujudkan rasa aman dan nyaman di wilayah DIY,"

"Keamanan dan kenyamanan wilayah ini akan mendorong peningkatan wisatawan datang dan tentu saja berdampak positif bagi perekonomian di DIY,"imbuhnya.
Alumni Lemhannas ini menambahkan bahwa orang tua, tokoh masyarakat dan pemerintah daerah harus memberikan perhatian besar bagi pendidikan anak anak kita, khususnya pendidikan budi pekerti.

Juga harus memberikan perhatian cukup serta pengawasan bagi anak.

Pondasi pendidikan dan perhatian yang baik ini diharapkan menjadikan anak memiliki watak berbudi pekerti luhur dan cerdas.

"Pemerintah daerah, selain memberikan pendidikan juga harus menyediakan ruang terbuka atau fasilitasi melalui program dan kegiatan positif untuk anak anak muda dapat menggunakannya untuk salurkan hobi yang positif, melalui ruang terbuka bersama ini pergaulan juga positif, saling kenal dan saling menghormati.

Yogya Darurat Klitih, Sri Sultan Hamengku Buwono X : Kita Coba Lakukan Pendekatan Budaya

Kita ketahui salah satu tujuan pengaturan keistimewaan DIY adalah wujudkan ketentraman masyarakat. Kita harap Pemda kerja keras wujudkan hal ini dalam waktu dekat Komisi A akan mengundang Pemda untuk membahas hal ini", kata politisi muda PDI Perjuangan Eko Suwanto.

Eko Suwanto juga menegaskan bahwa Komisi A DPRD DIY dukung penegakan hukum yang dilaksanakan Polri dan aparat hukum lainnya.

Penegakan hukum harus disertai dengan dukungan pemerintah daerah dengan memberikan perhatian dan pendidikan serta pendampingan khususnya agar para pelaku dapat kembali menjadi orang baik yang memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

"Aparat kepolisian dan Satpol PP kita dukung bersinergi melakukan patroli bersama. Demikian juga Sinergi Polri dengan Pemda melalui Dinas Kominfo juga dapat kembangkan CCTV di jalan jalan bekerja sama dengan swasta agar pengawasan dapat maksimal. Kita dukung pengembangan Command dan Monitoring Centre Polda dan Polres se DIY dengan dengan dukungan Pemda. Dengan CCTV yang banyak akan memudahkan patroli juga pembuktian saat proses penyelidikan dan penyidikan oleh Polri. Harapannya patroli dengan dukungan teknologi ini bisa membantu hentikan tindak kekerasan di jalanan", ujar Eko Suwanto (*)

Editor: Hari Susmayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved