Alasan Tak Bisa Tidur, Mahasiswa Asal Magelang Nekad Konsumsi Ganja yang Dibeli Lewat Instagram

Agar Bisa Tidur, Mahasiswa Asal Magelang Nekad Konsumsi Ganja, Beli Lewat Instagram

Alasan Tak Bisa Tidur, Mahasiswa Asal Magelang Nekad Konsumsi Ganja yang Dibeli Lewat Instagram
Tribun Jogja/Rendika Ferri Kurniawan
Wakapolres Magelang, Kompol Eko Mardiyanto, dengan tersangka penyalahgunaan ganja, MAF (20), dalam ungkap kasus narkoba di Mapolres Magelang, Senin (13/1/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Jajaran Kepolisian Resort Magelang mengamankan seorang pemuda berinisial MAF (20), warga Desa Purwosari, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, atas penyalahgunaan narkotika jenis ganja beserta bijinya seberat 26,07 gram.

Pelaku yang berstatus mahasiswa di Karawang, Jawa Barat, ini mengaku membeli barang tersebut dari media sosial Instagram.

"Saya pesan lewat Instagram, nanti tinggal kirim Direct Message (DM), dan pesan barang. Akun instagramnya saya tahu dari teman saya. Sekali beli Rp 300-500ribu, untuk dua minggu. Kalau 24 gram itu saya pakai untuk sebulan," kata MAF, saat ditanya oleh wartawan di Mapolres Magelang, Senin (13/1/2020).

MAF mengatakan, barang terlarang tersebut dipesannya dari salah satu akun instagram.

Setelah pembayaran, barang itu dikirimkan ke alamat kosnya di Karawang, Jawa Barat. Terakhir, ia membeli sebanyak 24 gram. Barang itu ia pakai sendiri agar ia dapat tidur.

"Barang dikirim lewat paket, dikirim ke rumah kos. Barangnya saya pakai sendiri. Motivasinya memakai, untuk tidur sih. Mengatur tidur. Kalau tidak pakai, tidak bisa tidur. 24 gram untuk sebulan atau kurang, tergantung rata-rata pemakaian," tuturnya.

Wakil Bupati Magelang : Semua Pihak Harus Siap Hadapi Ancaman Bencana Alam

Keunikan Rumah Kamera Borobudur, Rumah Berbentuk Kamera Raksasa di Magelang

Wakapolres Magelang, Kompol Eko Mardiyanto, mengatakan, pelaku ditangkap pada 31 Desember 2019 lalu saat malam perayaan tahun baru.

Pelaku diamankan beserta barang bukti ganja kurang lebih 24 gram di kediamannya di Desa Purwosari, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang.

"Kasus ini berhasil kami ungkap saat 31 Desember 2019, saat perayaan tahun baru. Kami berhasil mengamankan pengguna narkotika jenis ganja,dan barang bukti yang kita amankan dari tersangka MAF, warga Tegalrejo, Kabupaten Magelang, seberat 24 gram. Sedangkan pelaku sudah lebih kurang dua tahun menggunakan narkotika jenis ganja. Yang bersangkutan berstatus sebagai mahasiswa di salah satu univ negeri di Jawa Barat, Karawang," katanya.

Lanjut Eko, pelaku ini diketahui berstatus sebagai mahasiswa di salah satu universitas di Jawa Barat. Setiap pulang ke Magelang, ia sudah terdeteksi oleh petugas membawa barang tersebut. Ia mengaku sudah memakai barang tersebut selama dua tahun. Ganja itu dibeli oleh pelaku dari salah satu akun instagram seharga Rp 500ribu dengan total 24 gram.

"Saat itu pelaku kita dapati di rumahnya di Tegalrejo. Karena yang bersangkutan sudah terdeteksi. Setiap pulang, pulang dari tempat kuliahnya, dia membawa barang. Barang didapat dari akun instagram di sana dengan harga Rp 500ribu total dapat 24 gram. Ia pakai sendiri dan sudah dua tahun memakai," ujarnya.

Eko mengatakan, pelaku diancam dengan pasal 111 ayat (1) UU RI no.35 th 2009 ttg Narkotika. ( Setiap orang yg tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan Narkotika golongan 1 dalam bentuk tanaman dgn ancaman pidana penjara paling singkat 4 tahun & paling lama 12 tahun & pidana denda paling sedikit Rp. 800 Juta rupiah paling banyak Rp. 8 Milyar rupiah ). (Tribunjogja/Rendika Ferri Kurniawan)

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved