Jawa

Polsek Juwiring Melakukan Pengecekan Tanggul Sungai Kaligawe

Guna mengantispasi terjadinya luapan air sungai ke pemukian warga yang ada di bantaran sungai, personel Polsek Juwiring Polres Klaten bersama perangka

Polsek Juwiring Melakukan Pengecekan Tanggul Sungai Kaligawe
Dok. Polres Klaten
Bhabinkamtibmas Desa Sawahan Polsek Juwiring Bripka Ari Kusyanto bersama Perangkat Desa Sawahan Sri Raharjo melakukan pengecekan di beberapa titik tanggul yang sering terjadi luapan air sungai Kaligawe 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Guna mengantispasi terjadinya luapan air sungai ke pemukian warga yang ada di bantaran sungai, personel Polsek Juwiring Polres Klaten bersama perangkat desa Sawahan Sri Raharjo melakukan pengecekan tanggul di sepanjang sungai Kaligawe, Rabu (8/1/2020).

Dalam kesempatan kali ini Bhabinkamtibmas Desa Sawahan Polsek Juwiring Bripka Ari Kusyanto melakukan pengecekan dibeberapa titik tanggul yang sering terjadi luapan air sungai Kaligawe.

Hasilnya diketahui terdapat beberapa titik tanggul sungai yang rendah karena sudah tergerus aliran sungai sehingga rawan meluap ke pemukiman warga.

Antisipasi Curanmor di Area Sawah, Polsek Juwiring Sambangi Petani

Menurut Bripka Ari pengecekan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi karena pada musim hujan kali ini debit hujan sangat tinggi dan desa Sawahan dilalui beberapa aliran sungai yang rawan terjadinya banjir karena luapan air sungai.

“Selain di sungai Kaligawe potensi terjadinya luapan air saat hujan deras ada di Kalimati yang masuk di Dukuh Klebengan karena alur sungai yang sempit dan banyaknya sampah, selanjutnya kami akan melakukan koordinasi dengan pemerintahan desa untuk melakukan pembersihan,” ujarnya.

Perangkat Desa Sawahan Sri Raharjo yang ikut melakukan pengecekan menerangkan bahwa pihak pemerintahan desa Sawahan telah berkoordinasi dengan Bali Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSB) dengan mengajukan usulan pembangunan tanggul permanen sepanjang 1 kilometer di sungai Kaligawe, untuk sementara tanggul dibatasi dengan pagar bambu.

Pohon Asem Berusia Puluhan Tahun di Desa Pasungan Klaten Tumbang Akibat Hujan Deras

Ditempat terpisah Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo melalui Kapolsek Juwiring AKP Sri Anggono bahwa kegiatan personel Bhabinkamtibmas Desa Sawahan sebagai bentuk siaga bencana, serta hasil dari pengecekan tersebut akan kami koordinasikan dengan pemerintahan Kecamatan maupun BBWSB.

“Personel Bhabinkamtibmas selain melakukan sambang juga saya perintahkan untuk melakukan pemetan daerah di desa binaannya yang rawan terjadinya bencana sehingga kami dapat mengantisipasinya dan mengedukasi warga agar siaga bencana,” pungkasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved