Kota Yogyakarta

PDAM Kota Yogya akan Naikkan Tarif

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PDAM Kota Yogya akan mulai menaikkan tarif layanan bagi para pelanggan senilai Rp920/meter (m kubik pada Januari 2020

PDAM Kota Yogya akan Naikkan Tarif
nrwa.org
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PDAM Kota Yogya akan mulai menaikkan tarif layanan bagi para pelanggan senilai Rp920/meter (m kubik pada Januari 2020 ini.

Kebijakan ini diambil guna menyesuaikan dengan nilai inflasi serta kenaikan operasional perusahaan.

Sebelumnya tarif layanan berlalu senilai Rp2500/ m kubik, dengan kenaikan tarif maka nilai baru yang berlaku adalah Rp3420/ m kubik.

Penetapan itu baru akan dilakukan untuk pemakaian pada Januari ini, sehingga nominal baru akan mulai ditagihkan pada Februari mendatang.

Dirut Perumda PDAM Kota Yogya, Dwi Agus Tri Widodo mengatakan, kebijakan ini diambil setelah pihaknya selama tujuh tahun tepatnya pada 2013 belum menaikkan tarif layanan, sementara biaya operasional terus meningkat.

Haryadi Evaluasi Kondisi PDAM Saat Ini

Kenaikan ini juga diklaim telah melalui pengkajian dan menyesuaikan dengan Upah Minimum Kota (UMK) serta dianggap telah proporsional.

Selain itu, dia mengklaim kenaikan tarif juga dirasa tidak akan terlalu berdampak terlalu besar kepada pelanggan asalkan pengunaan dapat seefisien mungkin dan batas pemakaian minimun setiap pelanggan juga masih berada di angka Rp42.000.

"Kenaikan masih kurang dari 4 persen dan sudah kami lakukan kajian sehingga tidak akan terlalu memberatkan pelanggan," kata Dirut Perumda PDAM, Dwi Agus Tri Widodo Jumat (10/1/2020).

Adapun pihaknya saat ini masih menggunakan air dalam diakibatkan pertimbangan stabilitas produksi dan biaya yang dikeluarkan juga lebih murah.

Pasalnya penggunaan air permukaan akan memerlukan proses dan pengolahan yang mahal dan cukup besar

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved