Gerhana Bulan Penumbra Hanya Menyebabkan Keredupan Tipis

Pada Sabtu (11/1/2020) Gerhana Bulan Penumbra (GBP) akan bisa diamati di seluruh wilayah tanah air, terutama Indonesia bagian barat.

Gerhana Bulan Penumbra Hanya Menyebabkan Keredupan Tipis
NASA
Bulan 

TRIBUNjogja.com -- Pada Sabtu (11/1/2020), Gerhana Bulan Penumbra (GBP) akan bisa diamati di seluruh wilayah tanah air, terutama Indonesia bagian barat.

Kepastian ini sendiri didapat melalui pernyataan Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa LAPAN Dr. E Sungging, M.Si ketika dimintai konfirmasi pada Selasa (7/1/2020).

Dalam keterangannya, Sungging membenarkan informasi yang menyebut bahwa Gerhana Bulan Penumbra bakal terjadi pada 11 Januari mendatang, di mana GBP akan menjadi gerhana bulan pertama yang melewati Indonesia pada tahun 2020 ini.

"Iya, benar. Gerhana bulan penumbra melewati Indonesia pada 11 Januari 2020. Fenomena ini dapat diamati dari seluruh Indonesia, utamanya bagian barat," terang Sungging seperti dikutip Tribunjogja.com dari Kompascom.

5 Amalan yang Bisa Dilakukan Umat Muslim Ketika Gerhana Bulan

Nggak sama seperti Gerhana Matahari Total, pengamatan terhadap Gerhana Bulan Penumbra ini dapat dilihat menggunakan mata telanjang tanpa menimbulkan kekhawatiran.

Apalagi, fenomena ini tak dapat dibedakan dari bulan purnama biasa karena piringan bulan nantinya hanya akan ditutupi oleh bayangan semu.

"Gerhana Bulan Penumbra pada 11 Januari 2020 hanya menyebabkan keredupan yang sangat tipis," terangnya menambahkan.

Buat yang ingin menyaksikan secara langsung, Gerhana Bulan Penumbra akan dimulai pada pukul 00.07 WIB, mencapai puncak jam 02.10 WIB, dan berakhir 04.12 WIB. (*)

Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari 2020, Ini Penjelasan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Editor: Iwan Al Khasni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved