Yogyakarta

Gandeng Pemda DIY, Sejumlah Perguruan Tinggi Ingin Wujudkan Transportasi Publik yang Bersahabat

Sejumlah perguruan tinggi berupaya menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, untuk memperbaiki sarana transportasi umum.

Gandeng Pemda DIY, Sejumlah Perguruan Tinggi Ingin Wujudkan Transportasi Publik yang Bersahabat
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Rektor dan sejumlah pakar transportasi UGM bersama Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X sesuai pertemuan di Komplek Kepatihan, Selasa (7/1/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM - Sejumlah perguruan tinggi berupaya menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, untuk memperbaiki sarana transportasi umum.

Sebab, saat ini, angkutan publik dinilai belum benar-benar dapat dirasa manfaatnya, bagi mahasiswa dan pelajar.

Pakar Transportasi UGM, Siti Malkhamah menuturkan, angka penumpang Trans Jogja hingga kini cenderung masih minim.

Pasalnya, pelajar, maupun mahasiswa tampak enggan memanfaatkannya, karena dinilai belum memberi pelayanan yang maksimal.

"Kami menilai antara pelayanan dan kebutuhan belum begitu klop. Mungkin, tempat berhentinya terlalu jauh, jadwal kedatangan, serta harga tiketnya yang masih terlalu mahal ya," katanya, saat dijumpai di Komplek Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (7/1/2020) siang.

Pakar Transportasi Setuju Keberadaan MRT di Yogyakarta

Oleh sebab itu, pihaknya berharap agar transportasi publik yang ada di Yogyakarta bisa makin bersahabat untuk kalangan mahasiswa dan pelajar.

Satu di antaranya, dilakukan upaya sinkronisasi pelayanan Trans Jogja, dengan kebutuhan para penimba ilmu tersebut.

"Jadi, kalau dimanfaatkan untuk sekolah, ya tidak bikin terlambat. Lalu, bayarnya siapa tahu bisa tahunan dan lebih murah. Kalau transportasi umum itu makin baik, pasti mereka akan beralih," cetusnya.

Untuk merealisasikannya, maka halte, atau titik-titik pemberhentian Trans Jogja, dapat diperdekat dengan area kampus dan sekolah.

Selain itu, jumlah armada di setiap trayek sebisa mungkin ditambah agar pengguna jasa tak terlalu lama menunggu kedatangan bus.

Halaman
123
Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved