Breaking News:

Bacaan Niat dan Tata Cara Shalat Gerhana Bulan, Sendiri Maupun Berjamaah

Berikut Bacaan Niat dan Tata Cara Shalat Gerhana Bulan, Sendiri Maupun Berjamaah. gerhana bulan penumbra terjadi pada Sabtu 11 Januari 2020.

Editor: Yoseph Hary W
ist
Ilustrasi 

Berikut Bacaan Niat dan Tata Cara Shalat Gerhana Bulan, Sendiri Maupun Berjamaah

Fenomena gerhana bulan parsial terlihat di langit Lombok, Mataram, NTB, Rabu (17/7/2019). Fenomena bulan parsial ini terjadi karena titik orbit kesejajaran antara matahari, bumi dan bulan agak miring sehingga menampakkan bulan sebagian dengan bayangan umbra.
Fenomena gerhana bulan parsial terlihat di langit Lombok, Mataram, NTB, Rabu (17/7/2019). Fenomena bulan parsial ini terjadi karena titik orbit kesejajaran antara matahari, bumi dan bulan agak miring sehingga menampakkan bulan sebagian dengan bayangan umbra. (Antara Foto/Ahmad Subaidi via Kompas.com)

TRIBUNJOGJA.COM - Saat teradi gerhana bulan, dianjurkan bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah salat dua rakaat. Salat gerhana bisa dilaksanakan sendiri maupun berjamaah.

Sebagaimana informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana bulan penumbra terjadi pada Sabtu 11 Januari 2020.

Berdasarkan waktu gerhana, kapan waktu dan keutamaan salat gerhana bisa dilakukan?

Jamaah salat Gerhana Bulan total di Masjid Jogokaryan, Rabu (31/01/2018). (tribunjogja/ahmad syarifudin)
Salat dua gerhana atau salat kusufain berarti salat dua gerhana atau salat yang dilakukan saat terjadi gerhana bulan maupun matahari.

Salat yang dilakukan saat gerhana bulan disebut dengan salat khusuf; sedangkan saat gerhana matahari disebut dengan salat kusuf.

Jadi kapan waktu terbaik untuk menyaksikannya? Sebelumnya, Anda perlu tahu apa itu gerhana bulan.

Gerhana bulan adalah adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Sementara gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Proses Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari 2020
Proses Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari 2020 (BMKG)
Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved