Tanah Merekah di Gunungkidul

Dampak Cuaca Ekstrem, BPBD Kulon Progo Catat 97 Laporan Kebencanaan

Cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Kulon Progo sejak Rabu (1/1/2020) mengakibatkan berbagai kejadian kebencanaan di berbagai lokasi.

Dampak Cuaca Ekstrem, BPBD Kulon Progo Catat 97 Laporan Kebencanaan
istimewa
BPBD Kabupaten Kulon Progo melakukan evakuasi terhadap dampak Cuaca Ekstrem 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Andreas Desca Budi Gunawan

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Kulon Progo sejak Rabu (1/1/2020) mengakibatkan berbagai kejadian kebencanaan di berbagai lokasi.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kulon Progo, Ariadi, sampai saat ini tercatat ada 97 laporan kebencanaan yang masuk ke BPBD Kabupaten Kulon Progo.

Laporan kebencanaan ini, menurut penuturannya kepada tribunjogja.com, Kamis (8/1/2020) lebih didominasi kerusakan akibat angin kencang.

Cuaca Ekstrem Landa Wilayah DIY, BPBD Kulon Progo Lakukan Koordinasi Tanggap Bencana

"Ada 61 laporan Kerusakan rumah akibat angin kencang. Ada pula laporan bahwa terdapat 21 pohon yang tumbang hingga menutup akses jalan," katanya.

Selain itu, Lanjutnya, ada 11 titik jaringan PLN yang turut rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang.

"Seluruh laporan kejadian ini pun langsung ditangani oleh BPBD Kabupaten Kulon Progo, instansi terkait, serta relawan dan Masyarakat," paparnya.

Pengerjaan ataupun evakuasi pohon yang membutuhkan waktu satu sampai tiga hari.

Kamu Wajib Coba! Tiga Tips Super Gampang Membuat Lipstick Tahan Lama

"Untuk pohon yang menutup jalanan, itu Sehari bisa diatasi. Sedangkan untuk rumah membutuhkan waktu dua Hari, dan jaringan PLN membutuhkan waktu tiga Hari," paparnya.

Selain Kerusakan yang ditimbulkan akibat angin kencang, volume curah hujan yang cukup tinggi juga mengakibatkan Dua tanggul jalan raya di Kulon Progo ambrol.

Adapun lokasi yang terdampak paling parah dalam cuaca ekstrim ini, menurut Ariadi adalah kecamatan Pengasih.

"Walaupun cuaca ekstrim ini terjadi hampir di seluruh kecamatan di Kulon Progo, namun dampak terbesarnya sepekan ini ada di Kecamatan Pengasih. Setelah itu baru di susul wilayah Kokap, Sentolo dan Lendah," pungkasnya. (*/TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Andreas Desca
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved