Jawa

293 Kades Baru Dilantik, Bupati Magelang: Jangan Sampai Tersangkut Masalah Hukum

Bupati Magelang, Zaenal Arifin yang mengambil sumpah para kades, mewanti-wanti kepada kepala desa agar berhati-hati mengelola keuangan desa, agar tak

293 Kades Baru Dilantik, Bupati Magelang: Jangan Sampai Tersangkut Masalah Hukum
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Bupati Magelang, Zaenal Arifin melantik 293 kepala desa (Kades) yang baru di Pendopo Soepardi, Kompleks Pemkab Magelang, Rabu (8/1/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - 293 kepala desa (Kades) terpilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Magelang Tahun 2019 dilantik, Rabu (8/1/2020).

Bupati Magelang, Zaenal Arifin yang mengambil sumpah para kades, mewanti-wanti kepada kepala desa agar berhati-hati mengelola keuangan desa, agar tak tersangkut masalah hukum.

"Saya meminta kades lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan dan kekayaan desa serta mempedomani segala peraturan perundang-undangan agar tidak terjadi permasalahan hukum. Jangan ada kades yang memegang langsung uang desa, karena itu menjadi tugas bendahara desa," kata Zaenal, saat pelantikan di Pendopo drh Soepardi, Kompleks Pemkab Magelang.

Sekian Lama Kosong, 10 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Kabupaten Magelang Akhirnya Terisi

Zaenal mengatakan, kades harus mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai ketentuan undang-undang, termasuk dalam hal pengelolaan keuangan.

Jangan sampai terjadi permasalahan akibat penyimpangan pengelolaan keuangan desa.

"Kami berharap agar Kades mengawali jabatan ini dengan baik, dan nanti mengakhiri masa jabatannya dengan baik pula," katanya.

Kepala desa yang dilantik sendiri berjumlah 293 orang. Pelantikan dilaksanakan di Pendopo Soepardi, disaksikan langsung oleh para saksi dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang.

Pelantikan kepala desa ini sesuai dengan Keputusan Bupati Magelang Nomor 180.182/435/KEP/13/2019 tentang pengesahan dan pengangkatan 293 calon kepala desa terpilih menjadi kepala desa di Kabupaten Magelang.

Seluruh Kades di Kulonprogo Akan Dilantik Ulang Jadi Lurah Pekan Depan

Para kades terlantik ini adalah kades yang terpilih pada pemilihan Kades tahun 2019.

Pilkades 2019 menjadi Pilkades serentak tahap ketiga.

Tahap pertama dilaksanakan pada tahun 2016 di 24 Desa, tahap kedua dilaksanakan tahun 2018 di 50 desa.

Pada Pilkades 2019 lalu, terdapat satu desa yang gagal melaksanakan yakni Desa Blondo, Kecamatan Mungkid.

"Terlepas dari itu, kita perlu bersyukur karena secara umum penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa di 293 Desa tersebut dapat berjalan dengan lancar, aman, dan tertib," katanya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rento Ari Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved