Gunungkidul

Pemkab Gunungkidul akan Tetap Lelang Jabatan

Sekretaris Daerah Gunungkidul, Drajad Ruswandono menuturkan, pihaknya siap menaati peraturan, namun adanya peraturan ini tidak akan menghalangi pemkab

Pemkab Gunungkidul akan Tetap Lelang Jabatan
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Adanya larangan terkait dengan pergantian pejabat enam bulan sebelum penetapan kepala daerah tidak menghentikan pemerintah kabupaten Gunungkidul untuk melakukan lelang jabatan.

Hak tersebut dikarenakan tiga jabatan Organisasi Perangkat Daerah harus diisi meskipun mendekati Pilkada.

Sekretaris Daerah Gunungkidul, Drajad Ruswandono menuturkan, pihaknya siap menaati peraturan, namun adanya peraturan ini tidak akan menghalangi pemkab melakukan lelang jabatan.

Fenomena Sinkhole Terjadi di Girisubo Gunungkidul

"Bupati baru masih lama karena masa jabatan saat ini baru habis pada Februari 2021 jadi meskipun ada Pilkada kekosongan ini harus tetap diisi jika kekosongan lama maka dapat memoengaruhi kinerja," ujarnya, Senin (6/1/2020).

Drajat menjelaskan agar tidak menyalahi peraturan dan agar bupati terhindar dari sanksi maka sebelum melakukan pelantikan akan dikonsultasikan terlebih dahulu ke Kementrian Dalam Negeri.

"Memang ada larangan tetapi kalau ada surat pernyataan tertulis dari Kemendagri maka diperbolehkan," ujarnya.

DPRD Gunungkidul Soroti PAD Pariwisata yang Tidak Penuhi Target

Ia menuturkan saat ini tahapan lelang jabatan masih dalam persiapan dirinya memastikan lelang jabatan akan dilakukan pada waktu dekat.

"Lelang jabatan akan dilakukan untuk 3 OPD, saat ini tim pansel sudah melakukan rapat, Minggu ini akan kita umumkan persyaratan untuk pendaftaran," imbuhnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Gunungkidul, Rosita mengatakan, aturan pelarangan kepala daerah melakukan kocok ulang pejabat diatur di Undang-Undang tentang Pilkada Pasal 71 ayat 3.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved