Kota Yogyakarta

Komisi C Minta Talut Ambrol Segera Diperbaiki

Talut yang sebelumnya yang telah retak itu ambrol akibat gerusan air hujan dari tepi sungai Winongo akibat dilanda hujan terus menerus.

Komisi C Minta Talut Ambrol Segera Diperbaiki
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisi C DPRD Kota Yogyakarta meminta intansi terkait untuk segera mengatasi persoalan talut yang ambrol di kawasan serangan pada Sabtu (4/1) lalu.

Talut yang sebelumnya yang telah retak itu ambrol akibat gerusan air hujan dari tepi sungai Winongo akibat dilanda hujan terus menerus.

Ketua Komisi C DPRD Kota Yogya, Ririk Banowati mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pembahasan dengan dinas PU terkait peristiwa itu.

"Masih akan kita koordinasikan lebih dulu bagaimana tindak lanjutnya," ucap dia.

Namun demikian, pihaknya telah berkomunikasi dengan BPBD Kota Yogya untuk lebih dulu memasang sejumlah peralatan sebelum talut itu diperbaiki.

"Untuk sementara Komisi C meminta BPBD untuk mengamankan longsoran tersebut dengan menutup memakai terpal dan karung berisi pasir," ujarnya.

Selain itu, dalam peninjauan lapangan yang dilakukan oleh sejumlah OPD di lokasi pada Senin (6/1) pagi, pihaknya juga mendapati sejumlah sampah di area itu.

Di sisi lain, juga terdapat air bersih yang keluar dari talut yang merupakan aliran dari pipa PDAM. Air tersebut keluar akibat pipa yang jebol karena keretakan talut.

"Sudah kami informasikan ke dinas terkait agar warga juga tidak terganggu dengan persoalan sampah dan air yang mengalir akan langsung dikerjakan," imbuhnya.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Yogya, Bayu Wijayanto mengatakan, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan para warga dan akan memfasilitasi logistik.

"Sementara untuk perbaikan talut informasinya wewenang BBWSSO," ujarnya. (jsf)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved