Jawa

Bawaslu Klaten Luncurkan Buku Pengawasan

Ketua Bawaslu Klaten, Arif Fatkhurrokhman dalam sambutannya mengatakan, buku pengawasan Bawaslu Klaten berisi kisah-kisah pengawasan pada Pemilu 2014

Bawaslu Klaten Luncurkan Buku Pengawasan
Dok Pemkab Klaten
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Klaten, meluncurkan buku pengawasan yang diadakan di Kantor Bawaslu Klaten Jalan Bali Nomor 32 Klaten, Senin pagi (6/1/2020) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 23 September 2020 mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Klaten, meluncurkan buku pengawasan yang diadakan di Kantor Bawaslu Klaten Jalan Bali Nomor 32 Klaten, Senin pagi (6/1/2020).

Buku pengawasan Bawaslu Klaten diberi nama “Secuil Ingatan Kisah-kisah Pengawasan.”

Ketua Bawaslu Klaten, Arif Fatkhurrokhman dalam sambutannya mengatakan, buku pengawasan Bawaslu Klaten berisi kisah-kisah pengawasan pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019 lalu.

Pada pemilu 2014 ada caleg terpilih tapi tidak jadi dilantik karena ada laporan warga yang menduga ijazah caleg bersangkutan palsu, lalu pada Pemilu 2019 maju lagi dengan ijazah lain.

Namun setelah dicek ke sekolah yang tertera di ijazahnya, ternyata ijazahnya asli.

Humas Grobogan Studi Referensi ke Humas Klaten

"Kasus semacam itu tidak ditemukan di daerah lain, sehingga sangat unik dan mendapat porsi pengawasan yang sungguh-sungguh oleh Bawaslu Klaten. Pada dasarnya kerja pengawas pemilu sebagian besar merupakan kerja-kerja sunyi yang membutuhkan kelihaian komunikasi dengan berbagai macam pihak serta kecermatan dalam memetakan konflik dan identifikasi potensi pelanggaran di wilayah pengawasan," kata Arif.

Menurut Arif Fatkhurrokhman, dengan disertai perangkat hukum serta aturan yang jelas maka kerja-kerja pengawasan bisa langsung dikontrol oleh masyarakat.

Namun dibalik putusan yang lahir dari kinerja pengawasan serta informasi dunia kepengawasan yang didapat masyarakat melalui beberapa saluran media, masyarakat mungkin belum sepenuhnya mengetahui konflik yang kadangkala timbul saat tugas pengawasan berlangsung.

Maka dari itu, kata Arif Fatkhurrokhman, Bawaslu Klaten meluncurkan buku pengawasan untuk mewartakan kisah-kisah sunyi pengawasan yang pernah dialami komisioner Bawaslu Klaten, Panwascam dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Klaten.

Halaman
12
Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved