Bisnis

Andalkan Sistem Equity Crowdfunding, Santara Tawarkan Pendanaan bagi UKM

UKM yang ingin mendapatkan modal melalui Santara sudah melalui proses review dan seleksi yang ketat dari tim.

Andalkan Sistem Equity Crowdfunding, Santara Tawarkan Pendanaan bagi UKM
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Penggagas Santara, Equity Crowdfunding pertama dari Yogya yang tercatat di OJK, Reza Avesena. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Masyarakat umum kini bisa memiliki bisnis UKM tanpa perlu mengeluarkan modal yang fantastis.

Bahkan bisnis yang tersebut telah memiliki usaha yang ramai pelanggan dan sudah berjalan, bukan yang baru akan memulai peruntungannya dan membutuhkan sejumlah modal.

Hal ini membuat pemodal berpotensi mendapatkan keuntungan yang selaras dengan semakin moncernya bisnis UKM atau dengan kata lain sangat minim rugi.

Semua itu bisa terwujud melalui Equity Crowdfunding (ECF) atau layanan urun dana yang pertama tercatat di OJK DIY bernama Santara.

OJK DIY Minta Masyarakat Hati-hati dalam Berinvestasi

Penggagas Santara, Reza Avesena mengatakan bahwa sudah ada 70.000 pemodal dari seluruh Indonesia dan 6.000-an pendaftar UKM yang tecatat di platform Santara namun yang sudah listing atau telah mendapatkan pendanaan dari ECF tersebut sejumlah 16 UKM.

Mulai beroperasi sejak 2018, Aves sapaan akrabnya menjelaskan bahwa pihaknya sempat tercatat di Satgas Waspada Investasi OJK sebagai investasi bodong karena belum mengantongi izin.

Namun dari sana, ia dan timnya rajin untuk terus memenuhi unsur yang dibutuhkan untuk bisa mencatatkan diri sebagai ECF legal.

"Kami kena semprit. Akhirnya kami bolak-balik Jakarta-Jogja ke Divisi Pasar Modal OJK. Proses dari Januari dan dapat izin September. Kita yang pertama dan bisa dibilang sebagai kelinci percobaan karena semua diawasi oleh OJK. Saat ini, selain izin dari OJK kami juga telah terdaftar di Kominfo, tergabung dalam Fintech Indonesia, dan mengantongi ISO 27001:2013 tentang information security management system," bebernya saat menggelar media gathering di salah satu rumah makan di Sleman, Sabtu (7/12/2019).

Kamu Wajib Coba! Tiga Tips Super Gampang Membuat Lipstick Tahan Lama

Aves mengatakan bahwa bisnis UKM yang ingin mendapatkan modal melalui Santara sudah melalui proses review dan seleksi yang ketat dari tim yang meliputi review bisnis, review keuangan, background check owner, dan public reputation.

Halaman
12
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved