Pohon Asem Berusia Puluhan Tahun di Desa Pasungan Klaten Tumbang Akibat Hujan Deras

Pohon tumbang diduga akibat akarnya yang tak lagi mampu menahan besarnya pohon asem yang berada di pinggir sungai, seusai hujan deras melanda.

Pohon Asem Berusia Puluhan Tahun di Desa Pasungan Klaten Tumbang Akibat Hujan Deras
Dok.Polres Klaten
Pihak desa kecamatan serta personil Polsek Ceper Polres Klaten langsung melakukan evakuasi pohon Asem puluhan tahun yang tumbang diterjang hujan deras dan angin kencang di Desa Pasungan Kecamatan Ceper, Kamis (2/1/2020) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Hujan deras disertai angin kencang akhir-akhir ini yang melanda wilayah Kota Klaten, Khususnya Kecamatan Ceper, menyebabkan sebuah pohon tumbang di area Tepi Sungai di Desa Pasungan perbatasan dengan Kecamatan Trucuk, Kamis (2/1/2020) lalu.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun materi dari kejadian tersebut.

Pohon tumbang diduga akibat akarnya yang tak lagi mampu menahan besarnya pohon asem yang berada di pinggir sungai, seusai hujan deras melanda.

Kepala Desa Pasungan, Heri Bertus, menjelaskan bahwa pohon asem di tepi sungai itu umurnya sudah puluhan tahun, kemungkinan sudah beberapa bulan yang lalu bisa roboh karena pohon dihimpit dengan pohon bambu dan ternyata akar pohon asem sudah mulai membusuk sehingga pohon roboh ke arah selatan dan melintang di atas Sungai.

“Tidak ada korban jiwa maupun karena pohon tumbang ke arah sawah, sekitar pukul 05.00 WIB. Pihak desa kecamatan serta personil Polsek Ceper Polres Klaten langsung melaksanakan pembersihan ranting yang menghalangi jalan dan persawahan. Hanya beberapa saat arus lalin sempat terganggu,” ujar Heri Bertus.

Kapolsek Ceper Polres Klaten, Iptu Sarwiyono, mengatakan demi mengantisipasi kejadian serupa, dirinya mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati terutama di musim penghujan.

Selain itu, masyarakat juga perlu memerhatikan kebersihan lingkungan agar tidak terjadi banjir.

“Kami mengimbau masyarakat agar pada saat musim hujan tetap berhati hati. Takutnya hujan besar disertai angin dan ada pohon tumbang yang menimbukan korban. Juga jangan buang sampah ke sungai,” imbau Kapolsek Ceper. (*)

Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved