Travel

Mengatasi Susah BAB ketika Traveling, Begini Caranya

Olahraga telah terbukti dapat membantu mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit di tubuh manusia, termasuk mengatasi BAB yang Anda alami saat pe

Mengatasi Susah BAB ketika Traveling, Begini Caranya
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam melakukan traveling tidak jarang ternyata banyak orang juga yang mengalami susah Buang Air Besar (BAB).

Sebagai contoh, kalau rata-rata normalnya jadwal BAB setidaknya tiga kali seminggu, tapi saat traveling bisa tidak BAB sama sekali dalam seminggu.

Susah BAB saat melakukan traveling bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti berubahnya aktivitas harian, termasuk pola makan dan kurang minum di perjalanan.

Pentingnya Memahami Sembelit sebelum Terlambat

Berikut ini cara mengatasi susah BAB yang bisa Anda saat traveling agar Anda tetap sehat.

1. Makan makanan berserat

Kekurangan makanan berserat dapat menyebabkan sebelum melakukan traveling, siapkan dahulu makanan dengan tinggi serat, seperti pisang, apel, pepaya, melon, atau kacang-kacangan dan sayuran.

Makanan berserat dapat melunakkan tekstur feses, dan juga menambah jumlah feses sehingga lebih mudah dan cepat untuk dikeluarkan.

"Konsumsi makanan berserat bukanlah cara menyembuhkan, melainkan mencegah susah BAB agar tidak sampai terjadi," dr M. Alvin Astian Ardiansyah, seperti dilansir Hello Sehat.

2. Minum obat pencahar

Saat akan melakukan perjalanan jauh atau traveling, sebaiknya Anda siap sedia membawa obat pencahar atau obat yang membantu memperlancar BAB, pada umumnya berbentuk tablet yang praktis dibawa ke mana-mana.

Halaman
123
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved