Konsultasi Dokter Rumah Sakit JIH: Candidiasis, Keputihan Pada Kehamilan

Candidiasis adalah salah satu infeksi dengan gejala berupa keputihan yang disebabkan oleh jamur.

Konsultasi Dokter Rumah Sakit JIH: Candidiasis, Keputihan Pada Kehamilan
Istimewa
dr Marie Caesarini SpOG MPH 

TRIBUNJOGJA.COM - Konsultasi kesehatan bersama dokter Rumah Sakit  JIH Yogyakarta. Untuk dr Marie Caesarini SpOG MPH pada Senin dan Kamis 16.00 – 19.00  dan Selasa, Rabu damn Jumat 18.00 – 21.00 Jumat 17.00 – 21.00

Dokter: Ibu, berdasarkan hasil pemeriksaan kami yang ditunjang juga dengan pemeriksaan laboratorium, ternyata penyebab keputihan Ibu adalah suatu penyakit yang dinamakan kandidiasis.

Ibu: Apa itu candidiasis Dok?

Dokter: Candidiasis adalah salah satu infeksi dengan gejala berupa keputihan yang disebabkan oleh jamur. Cirinya, keputihan Ibu akan lebih kental bergumpal seperti keju dan agak berbau. Selain itu, Ibu juga bisa merasakan gatal yang sangat mengganggu pada daerah kewanitaan Ibu.

Ibu: Oh begitu ya Dok? Jadi candidiasis itu semacam penyakit menular?

Dokter: Candidiasis merupakan penyakit infeks ibu, namun tidak selalu ditularkan melalui hubungan seksual. Bisa juga karenakebersihan area kewanitaan yang kurang terjaga, atau area kewanitaan yang terlalulembap.

Ibu: Apakah penyakit tersebut berbahaya Dok?

Dokter: Sebenarnyapenyakitkandidiasistidakberbahaya. Kendatidemikian, apabilatidakdiobatimemangdapatmenimbulkanketidaknyamanan. Pengobatannyasendiritergolongcepat, hanyasekaliminum.

Ibu: Baik Dokter. Lalu agar tidakmendapatkan penyakit ini lagi apa yang harus saya lakukan Dok?

Dokter: Sebisamungkinselalumenjagakebersihandaerahkewanitaannyaya Bu. Caranyaantara lain adalahmemastikanbahwabagiankemaluanibuselalukering dan rutinmengganticelanadalamsetidaknya 3x sehari.

Ibu: Baik Dokter, terima kasih.

Editor: ribut raharjo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved