Bisnis

Sambut Proyek Lanjutan Bandara YIA, BI Dorong Perbankan Harus Proaktif

Hampir rampungnya Yogyakarta International Airport (YIA) nantinya akan diikuti dengan proyek lanjutan seperti aerotropolis dan aerocity.

Sambut Proyek Lanjutan Bandara YIA, BI Dorong Perbankan Harus Proaktif
Ilustrasi bank
Shutterstock via kompas.com 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Hampir rampungnya Yogyakarta International Airport (YIA) nantinya akan diikuti dengan proyek lanjutan seperti aerotropolis dan aerocity.

Melihat hal tersebut, perbankan di DIY diharapkan dapat menyambut baik dengan mengambil peluang tersebut.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY, Hilman Tisnawan mengatakan bank harus mampu menyambut peluang tersebut.

"Suku bunga sudah diturunkan. Sekarang ada pertanyaan, masalahnya ada di sisi suplay atau demand-nya. Kalau sisi suplay sudah diperbaiki, sudah diturunkan bunganya, sekarang ada nggak demand-nya. Yang saya harapkan, dengan adanya proyek lanjutan dari bandara akan meng-create demand," ujarnya belum lama ini.

Bank Indonesia Prediksi Pertumbuhan Ekonomi DIY Menurun pada 2020

Hilman melanjutkan, permintaan untuk pergudangan, kos, sekolah, hotel, rumah sakit, dan fasilitas lainnya pasti akan muncul sehingga bank-bank bisa menangkap peluang itu.

"Harusnya menyambut baik, proaktif. Tidak boleh bank-bank diam saja menunggu itu. Saya kira bank-bank sekarang sudah mulai berjalan. Tidak secara langsung bank-bank di DIY tapi mungkin juga melalui pusatnya," tuturnya.

Ia juga memandang, bank daerah juga harus mampu bersaing dengan bank-bank pusat.

"Bank daerah harus pintar cari peluang, karena persaingan tidak bisa oh ini daerah, ini mana, persaingan itu netral. Artinya siapapun masuk kita harus siap," paparnya.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

"Persaingan itu intinya kita harus mampu mencari peluang. Contohnya Bank BPD, masyarakat sudah familiar, saya kira tinggal mencari kreativitas baru di samping yang menjadi core-nya. Saya lihat sudah mulai gerak ke situ. Pasti banyak usaha yang tumbuh di sekitar aerotropolis dan aerocity," ujarnya.

Ia pun berharap peluang ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menyediakan fasilitas pendukung YIA.

"Kalau tidak ada fasilitas seperti hotel, kru penerbangan kalau harus ke kota butuh satu jam lebih, maka ini peluang baru. DIY akan berkembang, tidak hanya bertumpu di kota saja," tutupnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Amalia Nurul F
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved